Pemerintah Gelar Rakor Jelang Natal dan Tahun Baru 2019, Ini yang Menjadi Atensi

 

Menkopolhukam Mahfud MD saat menggelar rapat koordinasi lintas sektoral. Ist

Jakarta | Jurnal Asia
Pemerintah menggelar rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral dalam rangka persiapan Operasil Lilin mengamankan Natal dan Tahun Baru 2019 di Auditorium Mutiara Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta Selatan, Jumat (13/12/2019).

Rapat tersebut dihadiri Kapolri Jenderal (Pol) Idham Azis, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. Kemudian, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Badan SAR Nasional Marsekal Madya Bagus Puruhito, serta perwakilan PT Pertamina, PT Kereta Api Indonesia (KAI), dan Jasamarga.

Menkopolhukam menuturkan bahwa rapat itu digelar untuk memastikan kesiapan pemerintah dalam menjaga keamanan jelang akhir tahun.

“Rapat hari ini dimaksudkan untuk membahas peningkatan ancaman kerawanan jelang Natal dan Tahun Baru 2020 sehingga dibutuhkan pembahasan secara bersama hari ini guna mengetahui kesiapsiagaan dan sinergitas kita,” tutur Mahfud saat memberikan sambutan.

Ia juga menyampaikan 9 poin yang menjadi atensi yakni 1. potensi ancaman teror yang terjadi secara tiba-tiba, tindakan intoleran. 2. Isu politik, persiapan pilkada serentak 2020. 3. diantisipasi arus transportasi. 4. Insfrastuktur dicek

5. antisipasi bencana dan cuaca esktrem. 6. pengederan narkoba dan penggunaan. 7. kasus pungli dan pemerasan. 8. penggunaan pariwisata, alat transportasi

“Agar atensi tersebut diperhatikan dan dilaksanakan sebaik-baiknya,” ujar Menkopolhukam.(wo)