Moncong Senjata 15 Pangkalan Militer Mengarah ke Indonesia

Tanjung Pinang | Jurnal Asia
Mendagri Tjahjo Kumolo mengingatkan semua pihak agar terus waspada terhadap potensi ancaman dari luar. Pasalnya, secara geografis, letak Indonesia sangat strategis. Karena itu, saat ini ada 15 pangkalan militer asing yang mengelilingi Indonesia. Iran saja, lanjutnya, hanya dikepung oleh 11 pangkalan militer asing.

“Kalau Iran itu dikelilingi 11 pangkalan militer. Indonesia dikelilingi 15 pangkalan asing yang moncong pelurunya me­ngarah ke Indonesia,” ujar Tjahjo Kumolo saat memberikan kata sambutan pelantikan Nur­yanto sebagai Pj Gubernur Kepri menggantikan Agung Mulyana, di Gedung Daerah Kepri, di Tanjung Pinang, Rabu (30/12).

Tjahjo mengatakan hal ter­­sebut, sebagai pesan ke­pada Nuryanto agar menjalin koor­­dinasi dengan seluruh stakeholders, baik itu kepolisian, TNI, maupun Badan Intelijen Negara (BIN). Ini mengingat Kepri provinsi yang berbatasan langsung dengan sejumlah Negara.

“Kepulauan Riau itu dikelilingi banyak negara tetangga seperti Singapura, Thailand, Vietnam, Malaysia, dan juga Philipina,” terang mantan Sekjen DPP PDI Perjuangan itu. Kepri, lanjutnya lagi, juga merupakan kawasan yang me­miliki banyak jalur tikur, sebagai ja­lan masuknya peredaran nar­koba dan teroris.

“Jadi mutlak, kinerja Pj Gu­bernur harus bersinergi dengan ke­polisian, matra-matra TNI, BIN, un­tuk menjaga dan mendeteksi dini masuknya penyusup ke Indonesia,” ujarnya. Bahkan, kata Tjahjo, teroris warga negara asing yang masuk ke Poso, juga menyusup lewat jalur tikus di kawasan Kepri. (jp)