Jokowi : Selamat HUT ke-74 TNI, Terima Kasih Selalu Sigap Bantu Rakyat

 

Jokowi memimpin upacara HUT ke-74 TNI di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Foto detik

Jakarta | Jurnal Asia
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan selamat hari ulang tahun (HUT) ke-74 TNI. Jokowi mengapresiasi seluruh prestasi yang telah ditorehkan TNI untuk bangsa Indonesia.

Dilansir jurnalasia.com lewat laman detik.com, ucapan selamat ini disampaikan Presiden RI saat memimpin HUT ke-74 di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (5/9/2019).

“Atas nama pribadi, atas nama masyarakat, atas nama bangsa dan negara, saya menyampaikan selamat hari ulang tahun ke-74 Tentara Nasional Indonesia. Selamat atas apresiasi yang ditorehkan TNI dan selamat atas kepercayaan dan kebanggaan untuk saudara semua,” kata Jokowi.

Ia juga menyampaikan penghargaan khusus kepada seluruh prajurit TNI yang gugur saat menjalankan tugas. Itu semua, menurut Jokowi, dilakukan demi tegaknya NKRI.

“Rakyat Indonesia selalu bangga kepada saudara semuanya kepada TNI yang selalu berada di baris terdepan dalam menjaga NKRI yang tidak kenal menyerah dalam menjaga kepentingan nasional yang selalu mengedepankan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi, kelompok dan golongan,” ujar dia

Selain itu, Jokowi berterimakasih atas kerja seluruh prajurit TNI yang selalu aktif membantu rakyat. TNI ditegaskan Jokowi selalu menyatu bersama rakyat.

“Kami juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh jajaran TNI yang selalu sigap membantu rakyat di wilayah yang terkena bencana termasuk kebakaran hutan, yang aktif menjaga kelancaran keamanan pemilu serentak tahun 2019, yang selalu membanggakan dalam penugasan PBB di berbagai penjuru di dunia, yang memastikan negara hadir di daerah-daerah terpencil di daerah perbatasan dan pulau terluar Indonesia dan yang selalu manunggal dengan rakyat,” ujar dia.

//Tingkatkan Kesejahteraan Prajurit
Presiden memastikan pemerintah terus meningkatkan kesejahteraan prajurit. Jokowi berjanji meningkatkan tunjangan kinerja TNI pada 2020.

“Pemerintah terus berusaha meningkatkan kesejahteraan dan fasilitas kerja bagi prajurit TNI, anggaran pertahanan tahun 2019 yang Rp 121 triliun akan dinaikkan menjadi lebih dari Rp 131 triliun di tahun 2020. Pemerintah terus mengupayakan kredit perumahan untuk prajurit hingga jangka waktu 30 tahun dan akan meningkatkan tunjangan kinerja TNI menjadi 80 persen di tahun 2020,” ujarnya.

Jokowi mengatakan cita-cita Indonesia untuk menjadi salah satu kekuatan ekonomi di dunia harus didukung TNI yang kuat. Karena itu, kata Jokowi, pemerintah akan mendorong belanja pertahanan yang memanfaatkan teknologi tinggi.

“Oleh karena itu belanja pertahanan kita arahkan menjadi investasi pertahanan, pemanfaatan teknologi tinggi ke depan tidak bisa ditawar lagi, rencana strategis kekuatan pokok minimum atau Minimum Essential Force (MEF) tahap ketiga periode 2019-2024 segera difinalkan, demikian pula rencana jangka panjang hingga 100 tahun Indonesia merdeka. Alutsista yang digunakan TNI harus semakin maju dan SDM TNI harus semakin tangguh dan adaptif dan berjiwa sapta marga,” ujar dia.

Jokowi sebagai panglima tertinggi TNI menyampaikan sejumlah pesan kepada seluruh prajurit. Diantaranya, Jokowi meminta menyesuaikan dengan pemanfaatan teknologi baru.

“Prajurit TNI masa depan harus mempunyai kemampuan adopsi dan adaptasi teknologi baru serta menjunjung tinggi kemandirian strategis alutsista produk dalam negeri,” tandasnya.(detik/wo)