Jokowi Beli Obat Corona, IHSG Menguat 2,18 Persen

Ilustrasi IHSG menguat 2,18 persen.Ist

Medan | Jurnal Asia
Setelah sempat terpuruk sangat dalam,
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada penutupan perdagangan berhasil menguat. IHSG ditutup ke posisi 4.194 pada perdagangan Jumat (20/3/2020) atau menguat 89,5 poin atau sekitar 2,18 persen.

Kondisi pasar keuangan domestik khususnya pasar saham berbalik setelah sejumlah indeks futures di AS mengalami penguatan. Posisi dow futures yang naik tersebut memicu animo pasar untuk masuk ke pasar saham.

Menurut Analis Pasar Saham, Gunawan Benjamin, sejauh ini sentimen positif di pasar domestik sedikit lebih tenang dikarenakan adanya rencana Presiden Jokowi pembelian obat yang bisa menyembuhkan covid19.

“Saya melihat pasar belum sepenuhnya aman dari tekanan pasar keuangan kedepan. Pelaku pasar masih akan dikhawatirkan dengan penyebaran corona terlebih jika penyebarannya memburuk dan membuat pemerintah melakukan tindakan pencegahan yang justru membatasi aktifitas masyarakat,” katanya.

Secara teknikal, IHSG masih berpeluang akan menguji level psikologis 4.000. Terlebih jika fundamental ekonomi belum sepenuhnya mendukung karena corona.

Sementara itu mata uang rupiah ditutup dalam rentang 15.910 hingga 16.000 per US dolar.(nty)