Jeli Pilih Tempat Wisata untuk Anak

Jakarta | Jurnal Asia

Waktu libur panjang anak sekolah dan Idulfitri kerap dimanfaatkan masyarakat untuk berwisata bersama keluarga. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengimbau orang tua jeli memilih tempat liburan yang ramah bagi anak.

“Orang tua diharapkan menentukan tempat hiburan yang diinginkan anak dengan pertimbangan keamanan dan kenyamanan bagi anak sesuai dengan usia dan tumbuh kembang mereka,” kata Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Bidang Kesehatan Siti Hikmawati saat konferensi pers di Kantor KPAI di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, Selasa 12 Juni 2018.

Orang tua tak boleh lepas dari pengamatan dan pengawasan terhadap anak-anak mereka di tempat wisata. Antisipasinya dengan memasangkan ciri khas identitas kepada anak sebelum ke tempat wisata.
Pun dengan wahana-wahana permainan yang dinilai ekstrem. Orang tua wajib mendampingi anak-anak mereka bermain di wahana tersebut.

“Peran orang tua senantiasa mengawasi dan mengontrol anak dengan baik untuk memastikan aktivitas anak tidak melanggar aturan-aturan di tempat pariwisata,” ucap Siti.

Di sisi lain, berwisata tak melulu soal hiburan. Harus ada aspek edukasi seperti berlibur ke lokasi pariwisata yang bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan.
“Orang tua diharapkan turut membangun edukasi dengan penuh kasih sayang kepada anak agar kegiatan pariwisata menumbuhkan manfaat, cinta alam, dan ramah lingkungan,” tutur Siti.
Ia mewanti-wanti agar orang tua tidak mengonsumsi barang-barang terlarang. Seperti minuman beralkohol dan pemakaian obat terlarang saat akan berwisata.
“Untuk mengutamakan keselamatan anak dan keluarga, orang tua harus menghindari barang terlarang,” pungkasnya. (mtv/put)