BMKG Prediksi Curah Hujan Tinggi Terjadi di Sumut Hingga 3 Hari Kedepan

 

Logo BMKG. Ist

Medan | Jurnal Asia
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan akan terjadi peningkatan curah hujan di sejumlah daerah di Indonesia termasuk di Sumatera Utara (Sumut).

Deputi Bidang Meteorologi Drs R Mulyono R Prabowo menjelaskan curah hujan tinggi ini berlangsung hingga tiga hari kedepan terhitung mulai Senin (26/8/2019) hingga Rabu (28/8/2019).

Ia menjelaskan selain di Sumut, hujan dengan intensitas tinggi juga melanda sejumlah wilayah lain yakni Aceh, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Papua dan Jawa Barat.

“Munculnya aktivitas gelombang atmosfer Madden Julian Oscillation (MJO) dapat menyebabkan meningkatnya potensi pertumbuhan awan hujan yang cukup signifikan di wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan,” ujarnya.

Ia mengatakan kondisi ini mengakibatkan curah hujan tinggi diprediksi akan terjadi di beberapa wilayah dan diprakirakan akan berlangsung hingga 3 hari ke depan.

Selain potensi hujan lebat, dikatakannya potensi gelombang tinggi 2.5 hingga 4.0 meter diprakirakan juga akan terjadi di perairan utara Sabang, perairan Sabang – Banda Aceh, perairan barat Aceh hingga Kep. Mentawai, perairan Enggano Bengkulu, perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian selatan.

“Perairan selatan Jawa hingga P.Sumba, Selat Bali – Lombok – Alas bagian selatan, perairan selatan P. Sawu – P. Rote, L. Sawu bagian selatan, Laut Timor selatan NTT, Samudra Hindia barat Sumatera hingga selatan NTT,” ujarnya.

Ia mengatakan atas kondisi ini perlu diperhatikan risiko angin dan gelombang bagi keselamatan pelayaran. Perahu Nelayan (pada kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m).

“Kapal Tongkang (pada kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m), Kapal Ferry (pada kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m), Kapal Kargo/Kapal Pesiar (pada kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m),” kata Mulyono.

Masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak lanjutan akibat cuaca yang dapat ditimbulkan seperti jalan licin, genangan, banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan pohon tumbang.

“Bagi masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada,” pungkasnya.(wo)