Amankan Natal dan Tahun Baru, 191.807 Personel Gabungan TNI-Polri Dikerahkan

 

Kapolri Jenderal Pol Idham Azis. Ist

Jakarta | Jurnal Asia
Kapolri Jenderal Pol Idham Azis menyampaikan sebanyak 191.807 personel gabungan TNI-Polri dan satuan lainya dikerahkan untuk mengamankan Natal dan Tahun Baru 2019.

Hal ini disampaikan Kapolri dalam rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka menghadapi Natal dan Tahun Baru 2019 di Auditorium Mutiara Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta Selatan, Jumat (13/12/2019).

“Operasi kepolisian terpusat dengan sandi operasi “LILIN-2019” di seluruh wilayah Indonesia. Apel gelar pasukan akan dilaksanakan pada tanggal 19 Desember 2019 di Medan,” ujarnya.

Kapolri mengatakan sebanyak 61.308 Objek keamanan yang akan diamankan Polri, diantaranya seperti gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, objek tahun baru, terminal dll.

“Dengan jumlah 191.807 personel pengamanan dari TNI-Polri serta satuan lainnya yang terkait,” katanya.

Kapolri menjelaskan, Polri mempunyai strategi untuk mengatasi pengamanan natal dan tahun baru. Strategi Polri diantaranya yakni mengoptimalkan rekayasa lalu lintas.

“Mengoptimalkan peran 3 Satgas pendukung operasi (Satgas bencana alam, Satgas Pangan, Satgas BBM),” terang Kapolri.

Kemudian, masih dikatakan Idham, mengoptimalkan Harkamtibmas. “Melakukan penegakan hukum terhadap jaringan pelaku teror (secara silent untuk menghindarkan kegaduhan),” pungkasnya.(wo)