20 Ton Alkes Corona Bantuan China Tiba di Soetta

Ilustrasi bantuan Alkes tangani corona.Ant

Jakarta | Jurnal Asia
Sebanyak 20 ton dari 40 ton alat kesehatan bantuan dari perusahaan asal China untuk menangani wabah virus corona (Covid-19) di Indonesia tiba di Bandara Soekarno Hatta, Jumat (27/3/2020). Nantinya didistribusikan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ke rumah sakit dan fakultas kedokteran.

Dilansir dari CNBCIndonesia.com berdasarkan laporan dari CNN TV, Alat-alat kesehatan tersebut terdiri dari test kit Covid-19, masker N95, masker bedah, hingga alat pelindung diri seperti baju, kacamata, sarung tangan dan sebagainya.

Baca Juga : Semua Pihak Harus Bekerjasama untuk Mengatasi Penyebaran Covid-19

Alat kesehatan tersebut merupakan bantuan dari perusahaan asal Tiongkok yang berinvestasi di Indonesia. Pemberian bantuan dikoordinir oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) bekerja sama dengan Asosiasi Produsen Listrik Swasta Indonesia (APLSI).

Pada kloter pertama, bantuan yang datang sebanyak 20 ton. Diangkut menggunakan pesawat Boeing 777 dan tiba pada Jumat (27/3/2020).

Pada kloter kedua, bantuan sekitar 20 ton lagi akan tiba pada Sabtu (28/3/2020), sehingga total bantuan adalah 40 ton alat kesehatan.

Baca Juga : Dampak Covid-19, Aktivitas di Pajak Roga Berastagi Sepi

Sebelumnya, Juru Bicara (Jubir) Kementerian Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi mengatakan para Donatur sebagian besar adalah Investor yang telah berinvestasi di Indonesia. 

Para Investor mengirimkan bantuan guna membantu penanganan corona di lingkup nasional dan juga daerah lokal khususnya tempat mereka berinvestasi.

“Dengan demikian, diharapkan penanganan wabah ini dapat berlangsung lebih cepat dan warga dapat kita lindungi, termasuk keselamatan petugas medis yang saat ini berjuang di garis terdepan,” kata Jodi dalam keterangan tertulis, Kamis (26/3/2020).(nty)