120 Ribu Personel Gabungan TNI-Polri Dikerahkan Amankan Natal dan Tahun Baru

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Idham Azis saat memimpin apel gelar pasukan. IstMedan | Jurnal Asia
Guna memberikan rasa aman dan nyaman saat Natal dan Tahun Baru, pemerintah menggelar Operasi Lilin 2019 mulai tanggal 23 Desember 2019 hingga 2 Januari 2020.

Kapolri Jenderal Pol Idham Azis mengatakan dalam Operasi Lilin 2019 sebanyak 120 ribu personel gabungan TNI-Polri dibantu pemda dan organisasi masyarakat.

“Pengamanan Natal dan Tahun baru ini bukan hanya domain TNI dan Polri saja, tapi juga harus ada peran aktif masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi yang kondusif,” ungkapnya kepada wartawan usai pelaksanaan Gelar Apel Pasukan TNI-Polri di Lapangan Benteng, Medan, Kamis (19/12/2019).

Ia juga meminta kerjasama awak media, untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat dalam pelaksanan PAM Natal dan Tahun Baru dengan baik. Sebab ia mengingatkan, bahwasanya dibalik pengamanan Natal dan Tahun Baru, sebagian warga juga ada yang melaksanakan libur panjang.

Menurut Kapolri, apel gelar pasukan ini juga dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia. Namun ujar dia, dipilihnya Kota Medan untuk kehadirannya bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dilakukan untuk memberikan motivasi kepada seluruh di jajaran di Kodam I/BB dan Polda Sumut.

“Kemudian seluruh daerah itu kita sudah maping di mana tingkat tingkat kerawanaanya,” tandasnya.

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengaku, pelaksanaan apel kesiapan dalam rangka pengamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 ini memang sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya yang selalu di pusatkan di Monas dan secara serentak diikuti seluruh wilayah.

“Tapi tahun ini kita rubah. Untuk apel kesiapan pengamanan dilaksanan di Medan untuk pusatnya. Tapi di daerah (lain) pun juga turut melaksanan apel persiapan ini,” terangnya.

Hadi juga menegaskan, tidak ada tujuan tertentu apel tahun ini digelar di Kota Medan. Ia menuturkan, apel di Medan dilakukan karena pihaknya ingin berlisaturahmi dan menyapa wilayah Sumut terkait dengan pengamanan Natal dan Tahun Baru 2020.

“Kita harapkan komponen masyarakat pemerintah daerah ikut berperan aktif dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru, sehingga dapat berjalan dengan aman, lancar dan damai seperti yang kita inginkan semua,” tandasnya.(wo)