Waspadai Aksi Teror, Ini Imbauan Kapolrestabes Terhadap Masyarakat di Medan

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto ketika diwawancarai wartawan. Ist

Medan | Jurnal Asia
Polrestabes Medan mengimbau masyarakat agar tetap mewaspadai lingkungan sekitar tempat tinggalnya.

Jika menemukan hal-hal yang mencurigakan masyarakat diminta segera melaporkannya ke aparat lingkungan dan keamanan terdekat.

Hal ini disampaikan Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto saat ditanya wartawan mengenai aksi teror bom yang terjadi di Sibolga.

“Kita imbau agar masyarakat mewaspadai lingkungan sekitar tempat tinggalnya. Begitu juga bagi warga pendatang diminta agar melaporkan diri ke kepala lingkungan sekitar agar memudahkan petugas dalam melalukan identifikasi,”kata Kapolrestabes Medan pada wartawan, Kamis (14/3).

Lebih jauh, jauh hari sebelum aksi bom di Sibolga, kata Kapolrestabes, pihaknya sudah menerapkan pengamanan one gate system (akses satu pintu). Ini sesuai standart operational procedur (SOP) yang berlaku. Polrestabes saat ini juga mewaspadai adanya pergerakan-pergerakan yang mengancam situasi kamtibmas dengan memperkuat deteksi dini.

“Kita akan memperkuat deteksi dini terhadap pergerakan dan aktivitas msyarakat. Begitu juga dengan kegiatan-kegiatan yang ditibgkatkan terus kita lakukan,”katanya.

Diberitakan sebelumnya, ledakan bom terjadi di Sibolga, Selasa (12/3) sore kemarin, dan berlanjut hingga Rabu (13/3). Akibat kejadian ini 3 orang tewas yakni seorang wanita yang merupakan pelaku bom bunuh diri dan dua anaknya.

Polisi yang melakukan penyelidikan atas kasus ini dikabarkan sudah mengamankan 5 orang terduga teroris yakni berinisial Hus alias AH alias Uppang, AK alias Ameng alias Abu Halimah, ZP alias Ogek Zul, R (perempuan) dari Tanjungbalai dan M di Tapteng.(wo)