Undercover Buy, Polisi Ringkus Pemasok Sabu di Batubara

 

Tersangka pengedar sabu yang diamankan. Ist

Medan | Jurnal Asia
Setelah melakukan penyelidikan dengan menyaru sebagai pembeli (undercover buy), personel Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Sumatera Utara (Sumut) meringkus seorang pemasok narkoba di Batubara.

Tersangka yang diamankan berinisial J (43) warga Air Joman, Kabupaten Asahan dari tangannya diamankan barang bukti sabu-sabu dengan berat 350 gram.

Direktur Reserse Narkoba (Dirresnarkoba) Polda Sumut Kombes Pol Hendri Marpaung melalui Kasubdit I AKBP Fadris mengatakan, penangkapan dilakukan adanya informasi adanya pemasok sabu di Batubara.

“Setelah mendapatkan informasi, kita langsung melakukan penyelidikan. Kemudian setelah mendapatkan orang yang dimaksud, kita pun melakukan pemesanan (under cover buy) sebelum menangkapnya,” ungkapnya kepada wartawan, Rabu (9/10/2019).

Fadris menjelaskan, untuk memancing tersangka J, pihaknya memesan narkotika sabu sebanyak 350 gram dengan harga pergramnya Rp 380 ribu. Sesuai perjanjian, mereka akan bertransaksi dipinggir Jalan Sei Bejangkar, Kabupaten Batubara pada, Jumat (4/10/2019) kemarin.

Selanjutnya, saat J hendak menyerahkan narkotika sabu pesanan polisi itu, ia langsung dibekuk. Dari tangannya, petugas mengamankan sebuah plastik bening tembus pandang yang diisolasi keliling warna putih berisikan narkotika jenis sabu-sabu dengan berat 350 gram.

“Saat diinterograsi, tersangka mengaku mendapatkan sabu tersebut dari seorang pria berinisial IR,” jelasnya.

Saat ini, Fadris mengatakan, pihaknya masih mencari IR yang juga telah ditetapkan sebagai DPO. Sedangkan terhadap tersangka Jumat, usai dibekuk, lalu dibawa ke Mapolda Sumut untuk pemeriksaan lebih lanjut. (wo)