Tahun 2019, Polda Sumut Prediksi Situasi Kamtibmas Aman Terkendali

Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto mengecek Pospam akhir tahun kemarin. Ist

Medan | Jurnal Asia
Memasuki tahun 2019 yang bertepatan dengan dihelatnya pesta demokrasi Pilpres dan Pileg, dinamika politik di tengah masyarakat akan meningkat.

Kendati begitu, Polda Sumatera Utara (Sumut) memprediksi situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) bakal aman terkendali.

Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan, Senin (7/1) menyampaikan Poldasu tetap akan terus meningkatkan tindakan dan pola-pola pelaksanaan, sehingga Kamtibmas bisa lebih tepat dan efektif.

Begitu juga sebutnya, dengan keamanan keselamatan ketertiban dan kelancaran (Kamseltibcar) lalu lintas di tahun 2019 ini. Walaupun, situasi trendnya di tahun 2018 ada mengalami sedikit peningkatan, namun Poldasu memprediksi juga akan aman dan terkendali.

“Kepolisian akan terus mengajak peran serta seluruh lapisan masyarakat demi mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif,” jelasnya.

Selain itu, lanjut dia mengatakan Poldasu juga akan meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi perubahan situasi yang cepat dan sulit untuk di prediksi, termasuk perubahan alam.

Termasuk meningkatkan kemampuan pengamanan kesatuan personel, markas serta sarana prasarana yang tersedia.

“Kita juga melaksanakan kegiatan operasional kepolisian dengan tetap mengedepankan cara-cara preemtif, preventif yang dilanjutkan dengan penegakan hukum yang profesional dan berkeadilan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto menyampaikan, dalam menghadapi situasi Kamtibmas 2019, dirinya mengajak seluruh masyarakat agar menjaga persatuan dan kesatuan bangsa diatas kepentingan golongan.

Selain itu, melihat perbedaan sebagai suatu keniscayaan dan kekayaan bangsa menjadi energi pemersatu bangsa.

“Atas dukungan segenap elemen masyarakat serta stakeholder, Poldasu akan terus berupaya melakukan yang terbaik dalam menjalankan tugas pokok kepolisian sesuai yang diamanatkan Undang-Undang,” tandasnya.(wo)