Ribuan Warga Sari Rejo Demo Kantor BPN, Desak Pemerintah Terbitkan Sertifikat Tanah

Medan | Jurnal Asia
Ribuan warga Kelurahan Sari Rejo Kecamatan Medan Polonia menggelar aksi unjuk rasa di Kantor Badan Pertanahan Nasional Sumatera Utara, Senin (14/1) siang.

Dalam aksinya massa yang tergabung dalam Formas Sari Rejo mempertanyakan proses penerbitan sertifikat tanah, yang mana sampai saat ini warga belum mendapatkan sertifikat.

Massa menilai, pemerintah dalam hal ini BPN sama sekali tidak menghiraukan putusan MA atas sengketa tanah antara warga dengan pihak TNI AU. Menurut warga, tanah yang dihuni warga saat ini telah diputus menjadi hak mereka.

Adapun sengketa tanah antara warga dan TNI AU ini telah berlangsung sejak lama. Dua pihak yang bersengketa telah melalui mediasi bahkan RDP hingga ke DPR RI. Sengketa ini juga bergulir di pengadilan hingga tingkat MA.

Warga yang merasa berhak atas tanah di sana menuntut pemerintah segera menerbitkan sertifikat tanah untuk mereka sesuai dengan putusan MA yang memenangkan mereka.

“Kami minta terbitkan sertifikat untuk warga,” ujar Koordinator Aksi Pahala Napitupulu.

Pantauan wartawan dengan adanya aksi ini, Jalan Brigjen Katamso sempat tidak dapat dilewati pengendara. Polisi yang melakukan pengamanan, mengalihkan arus lalin mulai dari Simpang Jalan Pemuda/Jalan Brigjen Katamso hingga ke ujung simpang Jalan Mesjid Raya Medan.(wo)