Rengginang Juga Dapat Dipoles Jadi Lebih Kekinian

Medan – Sebagai cemilan khas yang sudah ada sejak zaman nenek kita dulu, Rengginang kini tampil lebih kekinian dengan kemasan cantik dan lebih rasanya juga lebih bervariasi. Misalnya saja Rengginang yang diproduksi oleh Khusindayanti, seorang wirausaha asal Jawa Barat yang tinggal di Medan.

Kalau dulu biasanya Rengginang identik disajikan di dalam kaleng kerupuk, namun Khusindayanti mengemas cemilan yang terbuat dari bahan dasar pulut ini dengan kemasan standing pouch. Tentu saja kemasan ini lebih menarik dilihat.

Sementara untuk rasa, Khusindayanti juga tidak mau terpaku pada rasa original saja. Setidaknya ada 4 varian Rengginang produksinya, yaitu original, pedas, udang dan belacan.

Ide membuat cemilan khas daerah asalnya ini diperoleh saat Khusindayanti pulang ke kampung halamannya di Jawa Barat  Di sana ia melihat banyak rengginang. Lalu ia  berpikir kenapa tidak mencobanya di kota Medan. Jadi ia pun belajar membuat rengginang di sana dan mendapat resep yang tepat.

“Saat saya kembali ke Medan dan membuat rengginang dengan resep yang telah saya peroleh dari sana, kemudian saya inovasikan menjadi 4 rasa tadi,” jelasnya.

Khusindayanti juga memaparkan bagaimana membuat rengginang, yakni pulut dicuci bersih kemudian direndam selama 5 jam. Lalu disaring. Setelah itu dikukus sampai setengah matang. Kalau mau diberi rasa masukkan bumbu. Kemudian dimasak lagi sampai matang dan dicetak. Dan selanjutnya proses penjemuran selama 3 hari.

Dan kini usaha rengginangnya kian digemari oleh masyarakat Medan. Rasanya yang gurih juga segurih permintaan yang datang. Tidak pernah sepi pembeli. (Tengku Putri)