Polrestabes Medan Musnahkan 39 Kg Ganja Asal Aceh

 

Barang bukti 39 Kg ganja yang dimusnahkan. Ist

Medan | Jurnal Asia
Petugas Sat Res Narkoba Polrestabes Medan memusnahkan barang bukti narkoba berupa ganja seberat 39 Kg.

Pemusnahan ganja digelar di depan gedung Sat Res Narkoba Polrestabes Medan, Kamis (5/9/2019). Puluhan kilogram ganja ini dimusnahkan dengan cara dibakar.

Kasat Narkoba Polrestabes Medan AKBP Raphael Sandy Cahya Priambodo menjelaskan pemusnahan barang bukti ini untuk menghindari penyalahgunaan dan sebagai bukti pihaknya dalam memerangi narkoba.

“Narkoba ini musuh kita bersama yang dapat menghancurkan generasi penerus bangsa ini, karena narkoba ini bukan hanya kewajiban polisi saja untuk memberantasnya tapi kewajiban kita semua,” tegas Raphael.

Pemusnahan barang bukti ganja yang telah berkekuatan hukum tetap ini turut dihadiri perwakilan dari Kejari Medan, penasehat hukum dan juga disaksikan langsung oleh kedua tersangka.

Diketahui 39 Kg daun ganja ini didapat dari penangkapan terhadap dua orang kurir narkoba jenis ganja di Hotel Anggrek Kamar 04 Jalan Setia Budi Ujung Kelurahan Simpang Selayang Kecamatan Medan Tuntungan, Minggu (30/6/2019) kemarin.

Kedua tersangka yang diamankan yakni berinisial SH (39) warga Jl Kontiner Desa Badak Kecamatan Blang Pagayo Kabupaten Blang Kejeren Aceh, dan KH (26) warga Jl Desa Simpur Jaya Kelurahan Jaya Kecamatan Ketambe Aceh.

“Dari kedua tersangka diamankan barang bukti ganja 39 kilogram,” kata Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto didampingi Kasat Narkoba Polrestabes Medan AKBP Raphael Sandy Cahya Priambodo kepada wartawan, Rabu (3/7/2019).

Ia mengatakan dua tersangka membawa 39 bal ganja yang dibalut dengan lakban coklat ini dibawa pelaku dengan menaiki 1 unit mobil pick up grand max BK 9961 EN dari Blang Kejeren Aceh menuju Medan.

“Sesampainya di Jalan Setia Budi Ujung Medan Tuntungan kedua pelaku lalu menginap di Hotel Anggrek, disana pelaku membawa barang bukti ke kamar,” ujar Dadang.

Pria dengan tiga melati emas dipundaknya ini mengatakan gerak gerik kedua pelaku yang mencurigakan, ternyata sampai ke pihak berwajib. Sat Res Narkoba Polrestabes Medan yang menerima laporan itu menindaklanjutinya dengan turun ke hotel kelas melati tersebut.(wo)