Polisi Tangkap Penyebar Hoax Ricuh Surat Suara Tercoblos di KPU Medan, Pelaku Diamankan di Jawa Barat

Hoax surat suara tercoblos yang tersebar di medsos. Ist

Medan | Jurnal Asia
Polda Sumatera Utara (Sumut) menangkap pelaku penyebar video hoax ricuh surat suara tercoblos di Kantor KPU Medan.Pelaku berinisial UR diamankan polisi di Provinsi Jawa Barat.

“Sudah diamankan, inisialnya adalah UR. Ia diamankan dari Jawa Barat dan merupakan warga sana,” ungkap Kasubdid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan kepada wartawan, Selasa (18/3/2019).

Ia mengatakan, akun yang dipakai tersangka untuk menyebar video hoax tersebut adalah akun palsu, dan selama ini lokasi akunnya juga selalu berubah-ubah. Penangkapan ini, berhasil dilakukan, setelah petugas bekerja ektsra dan menelusuri pertemanan di akun Facebook tersebut.

“Dari pertemanannya ditelurusi, kemudian dijebak dan tersangka berhasil diamankan. Jadi untuk menangkap tersangka yang kasusnya seperti ini itu tidak mudah,” imbuhnya.

Saat ini MP Nainggolan mengaku, bahwa UR telah berada di Polda Sumut dan telah dilakukan penahanan. Penyidik pun masih melakukan pemeriksaan intensif untuk mengetahui motif tersangka menyebarkan video hoax yang menuding KPU Sumut curang tersebut.

“Kalau motifnya masih diselidiki. Dia (tersangka) sudah ditahan,” ujarnya mengakhiri.

Informasi hoax ini marak tersebar di media sosial (medsos) sejak Sabtu (2/3) kemarin berisi konten video suasana ricuh di kantor KPU berdurasi 6 menit 24 detik, dan tulisan yang menyebutkan kecurangan terjadi di KPU Medan, dengan adanya surat suara yang tercoblos.

Namun, setelah dicek informasi yang meresahkan masyarakat ini tidak benar alias bohong. Video itu ternyata terjadi di Tapanuli Utara pada tahun 2018 silam.

Ketua KPU Medan Agussyah Damanik juga membantah isu yang beredar di media sosial yang menyebutkan seolah-olah telah terjadi kerusuhan di Kantor KPU Medan dan surat suara dicoblos.

Agussyah secara tegas menyebutkan bahwa tidak ada kerusuhan di Kantor KPU Kota Medan, Jalan Kejaksaan, Medan.(wo)