Polisi Ringkus Pembobol ATM Modus Tusuk Gigi di Medan Marelan

Kapolres Belawan AKBP Ikhwan Lubis menginterogasi tersangka. Ist

Medan | Jurnal Asia
Masyarakat dihimbau berhati-hati apabila kartu ATM nyangkut di mesin, dan tiba-tiba ada orang yang tidak dikenal menawarkan bantuan, bisa jadi orang itu pelaku kejahatan.

Pasalnya, Petugas Sat Reskrim Polres Belawan meringkus satu dari tiga pelaku pencurian uang di mesin ATM dengan modus tusuk gigi untuk mengganjal kartu ATM korban. Selasa (8/10/2019).

Kapolres Belawan AKBP Ikhwan Lubis mengatakan adapun pelaku pencurian yang diamankan yakni Muammar alias Amar (33) warga Jalan Baru Desa Percut Sei Tuan.

Dalam aksinya pelaku bersama dua temannya yang masih DPO beraksi di ATM Swalayan Anugerah Marelan. Tak tanggung dalam aksinya tersebut, pelaku berhasil meraup uang Rp773 Juta milik korban.

“Korban saat itu sedang berada di ATM, namun ATM korban tidak dapat masuk, Kemudian salah seorang pelaku beraksi dengan menawarkan bantuan untuk memasukkan ATM korban dan menanyakan PIN ATM korban,” ujarnya.

Usai memberikan PIN ATMnya, para pelaku lalu menukar ATM korban dan selanjutnya menguras habis uang korban. Ikhwan mengatakan pihaknya yang mendapatkan laporan ini lalu melakukan penyelidikan dan mengamankan 1 pelaku.

“Kami amankan seorang pelaku dari kediamannya. Amar mengakui perbuatannya dan mengatakan bahwa dirinya melakukan perbuatan tersebut bersama dua orang rekannya yang saat ini masih dalam pengejaran,” ungkapnya.

Masih dikatakan Ikhwan, Amar berperan untuk mengganjal kartu atm dengan menggunakan tusuk gigi.

“Amar mengakui mendapat bagian sebesar Rp 90 juta rupiah dan sebagian besar telah digunakan untuk membeli barang–barang,” jelasnya.

Dari tangan pelaku polisi amankan barang bukti berupa dua unit sepeda motor, uang tunai Rp 11 juta 200 ribu. Lima unit hp, sebuah kalung emas, sepasang anting emas, dua buah cincin emas.

Kemudian, sebuah dompet, enam buah buku tabungan, satu buah kartu ATM, satu buah Ac merk Sharp dan sebuah baju berwarna merah.

“Barang-barang yang kami sita merupakan uang hasil pencurian. Pelaku juga teridentifikasi menggunakan narkoba (sabu),” tandasnya.(wo)