Polisi Imbau Mahasiswa Hindari Jam Rawan Begal

Medan – Kepolisian Sektor (Polsek) Medan Kota melaksanakan blusukan sekaligus mensosialisasikan Aplikasi Polisi kepada mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) Sukma Jalan Sakti Lubis Medan, Senin (13/11) siang.

Kapolsek Medan Kota, Kompol Martuasah Hermindo Tobing, melalui Wakapolsek, AKP Uli Lubis mengatakan, aplikasi Polisi Kita sudah dilaunching dan diresmikan Kapolri Jenderal Pol M Tito Karnavian pada 5 Januari lalu.

Tujuan dari aplikasi tersebut sangat membantu masyarakat dan juga kepolisian untuk meningkatkan pelayanan dan keamanan bagi masyarakat, seperti membuat pendaftaran SKCK Online dan mendapatkan respon cepat kepolisian terhadap suatu tindak pidana yang dilaporkan.

Dalam kesempatan itu, Uli juga mengingatkan kepada mahasiswa kalau saat ini Polri sedang melaksanakan Operasi Zebra, agar masyarakat segera melengkapi dokumen kendaraannya. Mahasiswa diimbau agar jangan takut kepada Polisi, jadikan Polisi itu sebagai sahabat.

“Mari kita taat berlalu lintas untuk menghindari kemacetan dan kecelakaan. Jadilah Polisi untuk diri kita sendiri, selalu mawas diri untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar Uli.

Dikatakan Uli, para mahasiswa juga bisa mengantisipasi agar tidak menjadi korban begal, dimana ciri-ciri mereka selalu berboncengan lebih dari satu sepedamotor, selalu memakai helm dengan kaca yang gelap baik siang ataupun malam hari dan biasanya memakai jaket.

“Para begal sudah pasti pemakai narkoba sehingga mereka tidak segan-segan melukai bahkan membunuh korbannya. Hindari berkendaraan malam hari mulai pukul 24.00 s/d 05.00 WIB, karena merupakan jam rawan begal,” imbau Uli.

Kemudian, kata Uli, hindari jalan yang gelap dan sunyi, silakan sampaikan laporan melalui aplikasi Polisi Kita tentang keberadaan bandar narkoba, dengan catataan informasi yang diberikan benar-benar akurat.

“Dalam waktu dekat Polsek Medan Kota akan melakukan tindakan represif terhadap tempat kost-kostan dan mengumpulkan pemilik rumah kost agar bertanggung jawab terhadap tempat kostnya,” tukas Uli.

Blusukan dan sosialisasi aplikasi Polisi Kita berjalan baik dan lancar dan mahasiswa menyambut baik giat tersebut karena sangat membawa manfaat bagi mereka dan mengucapkan terimakasih kepada personel Polsek Medan Kota.

Turut hadir dalam sosialisasi tersebut Kanit Binmas Iptu Khairudin, Panit Binmas Aiptu M Simamora, Bhabinkamtibmas Brigadir Vivi Sihombing SH, Kepling Kurniawansyah Nasution. (ial)