Perlu Dipahami, Tidak Semua Warga Pindah Memilih Peroleh 5 Surat Suara

Komisioner KPU Kota Medan menjelaskan teknis pembukaan posko pemilih pindahan kepada PPK/PPS. Ist

Medan | Jurnal Asia
Bagi warga yang mengurus surat pindah memilih tidak semua memperoleh 5 surat suara saat Pemilu 2019, 17 April nanti.

Hal ini disampaikan Koordinator Divisi Program, Data dan Informasi KPU Kota Medan Nana Miranti kepada wartawan, Sabtu (9/2).

“Sekadar untuk mengingatkan, bagi warga yang mengurus surat pindah memilih, sesuai dengan UU Pemilu No 7/2017, pasal 348 ayat 4, yang kemudian diatur dalam Peraturan KPU No 37/2018 perubahan dari Peraturan KPU No 11/2018, tidak semua warga yang terdaftar sebagai pemilih DPTb memperoleh 5 surat suara,” ujarnya.

Nana menjelaskan bagi warga dari luar Sumatera Utara yang ingin memilih di Medan hanya mendapatkan surat suara calon presiden dan wakil presiden. Sisa 4 surat suara lainnya tidak dapat diperoleh karena beda daerah pemilihan.

Selanjutnya bagi warga di luar Medan, Deli Serdang, Tebing Tingg dan Serdang Bedagai yang ingin pindah memilih di Medan hanya mendapatkan surat suara calon presiden dan surat suara calon DPD RI.

Lalu bagi warga Deli Serdang, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi (Dapil Sumut 1 DPR RI) yang ingin memilih di Medan, hanya dapat surat suara calon presiden, calon DPD RI dan calon DPR RI Dapil Sumut 1.

“Begitu seterusnya hingga pindah memilih antar dapil DPRD provinsi dan DPRD kota,” jelasnya.

Nana mengatakan hingga saat ini, dari data yang dikumpulkan terdapat 198 masyarakat yang mengurus surat pindah memilih keluar dari Kota Medan dan 59 orang dari luar mengurus surat pindah memilih untuk mencoblos di Medan pada 17 April nanti.

“Total keseluruhannya 257 warga telah mengurus surat pindah memilih. 198 orang diantaranya warga Medan yang ingin memilih di luar Kota Medan, dan 59 orang warga luar Medan yang ingin mencoblos di Medan nanti,” ungkap Nana.(wo)