Pengemudi Angkot Harus Punya Kompetensi Memadai

Medan | Jurnal Asia

Sebagai wujud kepedulian dalam ikut berperan serta aktif dalam rangka menurunkan angka kecelakaan di jalan serta meningkatkan keselamatan jalan, Pemko Medan melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan kembali menggelar Pemilihan Awak Kendaraan Umum Teladan (AKUT) atau Abdi Yasa Teladan Tingkat Kota Medan tahun 2018 di Saka Hotel Jalan Ring Road Gagak Hitam Medan, Senin (9/7).

Pemilihan AKUT ini merupakan program rutin tahunan Dishub Kota Medan sebagai wujud perhatian dan pembinaan kepada awak kendaraan angkutan umum selaku penyelenggara transportasi yang memiliki peranan penting dalam peningkatan keselamatan transportasi jalan di Kota Medan.

Ada sekitar 100 peserta yang merupakan perwakilan dari perusahaan angkutan umum seperti angkutan kota, taksi, angkutan kota dalam provinsi (AKDP), angkutan kota antar provinsi (AKAP) dan angkutan barang yang berdomisili di Kota Medan akan diseleksi untuk mendapatkan Abdi Yasa Teladan tersebut.

Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi yang hadir membuka seleksi itu, sangat mendukung penuh digelarnya Pemilihan AKUT tersebut.

Dikatakannya, permasalahan di sektor transportasi mencakup banyak faktor di antaranya faktor manusia, kendaraan serta kondisi jalan. Namun faktor manusia (human error) dianggap paling banyak berkontribusi dalam suatu kejadian kecelakaan.

Atas dasar itulah tegas walikota, pengemudi, khususnya pengemudi angkutan umum diharapkan mempunyai kompetensi yang memadai.

“Tidak hanya memilihi pengetahuan yang luas dan ketrampilan mengemudi yang handal tetapi supir juga harus memiliki perilaku yang baik saat mengemudikan kenderaan di jalan raya,” kata walikota.

Menyikapi pengembangan sikap dan perilaku yang baik dalam berkendara guna meningkatkan keselamatan jalan, walikota mengatakan, perlu usaha yang sungguh-sungguh baik dari individu maupun faktor dari luar individu. Mengacu faktor inilah sambung walikota, makanya Pemko Medan menyelenggarakan Pemilihan Abdi Yasa Teladan Tingkat kota Medan 2018.

“Kegiatan yang kita lakukan ini bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada awak kendaraan angkutan umum atas prestasinya di bidang transportasi jalan sebagai wujud kepedulian Pemko Medan akan pentingnya peran awak kendaraan umum untuk ikut membangun perwujudan keselamatan lalulintas jalan,” ungkapnya.

Diingatkan walikota, angkutan umum merupakan salahsatu wajah kota metropolitan. Oleh karenanya perilaku disiplin dan keamanan pengemudi angkutan serta keselamatan lalulintas di jalan sangat mendukung terciptanya transportasi yang baik bagi masyarakat Kota Medan. Itu sebabnya walikota menyampaikan penghargaan dan ucapan terimakasih kepada seluruh pengusaha angkutan umum yang telah mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti seleksi Pemilihan Andi Yasa Teladan 2018. (put/rol)