Pemerintah Jamin Stok Bahan Pokok Aman

Beri Keterangan : Sekjen Kementrian Perdagangan, Karyanto Suprih beri keterangan usai pada Rakorda Stabilitas Harga dan Stok/Pasokan Kebutuhan Pokok di gedung BI lantai 9, Rabu (5/12). Putri

Natal dan Tahun Baru

Medan | Jurnal Asia

Dalam rangka menghadapi Natal dan Tahun Baru 2019, pemerintah memastikan stok bahan kebutuhan pokok tersedia di seluruh wilayah Indonesia termasuk Sumatera Utara (Sumut).

Hal ini disampaikan Sekretaris Jendral (Sekjen) Kementrian Perdagangan, Karyanto Suprih pada Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Stabilitas Harga dan Stok/Pasokan Kebutuhan Pokok di gedung BI lantai 9, Rabu (5/12).

Dijelaskannya, ada empat langkah strategis yang disiapkan Kemendag dalam menghadapi HBKN Natal 2018 Dan Tahun Baru 2019.

Pertama, melalui penerbitan Permendag terkait yaitu pendaftaran pelaku usaha bahan pokok. “Kami akan terus memperkuat regulasi peedagangan. Kami juga memastikan seluruh permendag ini diimplementasikan dengan baik dan benar oleh para pelaku usaha,” tegasnya.

Kedua, melalui penatalaksaan dengan melaksanakan rapat koordinasi dengan pemerintah daerah, instansi terkaitĀ  dan pelaku usaha. Ketiga melalui pemantauan dan pengawasan yang akan dilakukan Eselon 1 Kemendag bersama dengan satgas pangan di seluruh wilayah Indonesia.

Dan keempat, melalui upaya penetrasi pasar yang bekerjasama dengan pemerintah daerah. (tengku putri/net)