Pasien Gizi Buruk Deliserdang Direkomendasikan ke Medan

Medan – Pasien gizi buruk warga Kabu­paten Deliserdang, Azizah boru Sinaga (10) direkomendasikan dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pemerin­tah Adam Malik, Medan, guna memaksimalkan pengo­batan bocah yang berasal dari keluarga kurang mampu itu.

“Kalau kondisi Azizah masih belum membaik, saya sudah minta manajemen RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) Deliserdang membawa pasien ke RSUP Adam Malik Medan untuk mendapat perawatan lebih maksimal,” ujar Ketua Tim Penggerak PKK Sumut, Evi Diana Erry Nuradi di Medan, Selasa (10/1).

Evi yang istri Gubernur Sumut HT Erry Nuradi itu mengaku sudah mengunjungi Azizah yang dirawat di RSUD Deliserdang.

Menurut dia, meski dila­porkan semakin membaik ka­re­na sudah dirawat di RSUD Deliserdang sekitar dua minggu, kondisi Azizah, warga Desa Bangun Sari Baru, Kecamatan Tanjung Morawa, Deliserdang itu masih terlihat lemah dan kurus sehing­ga belum juga bisa berjalan dan bahkan nyaris tidak bersuara.

“Kalau kondisi Azizah lam­ban pulihnya, saya sudah me­minta agar dibawa ke RSUP Adam Malik, Medan, untuk men­­da­patkan perawatan lebih optimal sehingga proses penyem­­bu­­han­­nya bisa lebih cepat,” katanya.

Dokter yang merawat Azi­zah, Juliana menjelaskan, kondisi Azizah mulai membaik dan perlu perawatan yang le­bih intensif.

“Berat badannya sudah naik 1,5 kg dari saat pertama masuk ke RS yang sekitar tujuh kilogram.Tim dokter RSUD Deliserdang terus memantau perkembangan kesehatan Azizah,” katanya.

Azizah merupakan pasien gizi buruk yang juga penderita Celebral Palsy, sekelompok masalah yang memengaruhi gerakan tubuh dan postur tubuh akibat cedera otak atau masalah dengan perkembangan otak.
(ant)