Pasca Pilkada, Gubsu Imbau Jaga Kesatuan Bangsa


Medan – Gubernur Sumatera Utara HT Erry Nuradi menegaskan agar kita senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan. Semua pihak harus solid saat dihadapkan dengan isu-isu perpecahan, terutama saat Pilkada serentak di sejumlah daerah di Indonesia kemarin.

“Pilkada adalah pesta de­mokrasi rakyat, namanya pes­ta harusnya gembira, jangan justru memecah persatuan. Mari kita jaga kesatuan bangsa,” tandas Teng­ku Erry saat mengunjungi Tuan Guru Babussalam Syekh Hasyim Al Syarwani di per­kam­pungan religius Besilam Kabupaten Langkat, Rabu (15/02) malam.

Gubsu Erry juga menegaskan pentingnya melakukan sila­turahmi sesama anak bangsa tanpa membeda-bedakan.

“Mari kita eratkan silaturahmi. Saling ingat mengingatkan. Sebab, hidup rukun dan damai serta harmonis dalam satu bingkai NKRI dambaan kita semua,” tutur Erry.

Dalam kesempatan itu, Gub­su Erry meminta Tuan Guru Ba­bussalam Syekh Hasyim Al Syarwani turunan ke-11 dari Tuan Guru Babussalam Al­mar­hum Syekh Abdul Wahab Rokan Al Khalidi Naqsyabandi mengi­ngat­kan dirinya untuk terus memperjuangkan masyarakat Sumut ke arah yang lebih baik.

“Sumut saat ini sedang di­lan­da beragam kasus korupsi dan narkoba, yang tentunya membuat bangsa ini hancur. Ini harus dijauhi dengan iman dan takwa. Peran serta ulama dan masyarakat sangat diharapkan. Semoga kiranya Tuan Guru berkenan terus mengingatkan saya agar amanah menjalankan tugas melayani masyarakat,” harap Erry.

Tidak lupa Erry meminta Tuan Guru Babussalam menyediakan waktu mendoakan Sumut agar tetap kondusif dan jauh dari pertikaian.

“Saat ini pemerintah pusat memberikan perhatian besar kepada Sumut. Semoga program yang telah dicanangkan berjalan lancar dan memberikan manfaat secara nasional, khususnya kepada masyarakat Sumut,” ujar Erry.

Gubsu sendiri menyatakan dukungannya atas agenda ta­hunan Peringatan Hari Ulang Tahun Guru Babussalam sebagai ajang silaturrahmi umat dan menjadi media dakwah yang bernilai positif bagi ummat.

Ikut mendukung Peringatan Hari Ulang Tahun Guru Babus­salam ke-93 tahun 2017, Gubsu menyerahkan bantuan berupa dua ekor lembu, 40 gulung sajadah panjang, 1 set sound system, serta 1.000 bungkus nasi serta sejumlah uang tunai. Bantuan diserahkan kepada Tuan Guru Babussalam Syekh H. Hasyim Al-Syarwani, di Desa Besilam Kecamatan Padang Tualang Langkat, Rabu (15/2).

Sebagaimana diketahui bah­wa setiap tahunnya, ribuan Jama’ah Thariqat Naqsa­ban­diyah dari dalam dan luar ne­geri akan memenuhi kom­plek perkampungan religius Ba­bus­salam untuk memperingati HUL Tuan Guru Babussalam Syekh Abdul Wahab Rokan Al Khalidi Naqsyabandi.

Jamaah yang datang tidak hanya berasal dari Langkat saja, melainkan dari berbagai daerah di Indonesia bahkan dari mancanegara seperti dari Malaysia, Brunai Darussalam dan Australia dan Arab Saudi.

“Peringatan HUL ini mengan­dung makna yang dalam, ka­rena selain mengenal kem­bali perjuangan Allah Yarham Syekh Abdul Rokan Al Khalidi Naqsyabandi Tuan Guru Ba­bus­salam Langkat yang pertama dalam mengembangkan Thariqat Naqsyabandiah dan membina masyarakat umat Is­lam juga mendorong kita untuk melanjutkan karya nyata yang telah beliau wariskan kepada generasi berikutnya,” ujar Gubsu.

Di sisi lain, lanjut Gubsu HUL ini tidak hanya sebagai ajang silaturrahmi antara keluarga, masyarakat dan umat, tetapi yang lebih penting dari ini adalah HUL sebagai media dakwah dan bernilai positif bagi semua ummat yang fokus terhadap satu tujuan dalam menghasilkan kemaslahatan ummat itu sendiri.
(andri/ril)