Mural Budaya Melayu Hiasi Fly Over Amplas

Mural tarian Melayu.Ist

Medan | Jurnal Asia
Mural tarian selamat datang dari budaya Melayu hiasi tiang-tiang penyangga Fly Over Amplas Medan. Keberadaan karya seni bernilai tinggi atas gagasan Lurah Timbang Deli, Kecamatan Medan Amplas, James Simanjuntak.

James Simanjuntak mengatakan dengan adanya mural tersebut, kesan kumuh atau
bekas poster-poster serta coretan akan hilang. Sehingga menarik wisatawan yang datang ke Kota Medan, terutama fly over tersebut berdiri persis di depan pintu Tol Medan Amplas.

“Ide itu muncul karena kita melihat bahwa fly over Amplas itu merupakan pintu masuk Kota Medan. Karenanya kita buat seperti itu agar orang yang masuk ke Kota Medan melihat seni tersebut,” katanya, Jumat (6/9).

Untuk pengerjaan mural tersebut, James menuturkan, itu merupakan sumbangsih dari kawan-kawan mulai dari pelukisnya sampai alat-alat yang digunakan untuk membuat mural tersebut.

“Ini buah pikiran dari masyarakat dan kawan-kawan sehingga kita melakukan hal ini. Mural ini bertemakan etnik yang ada di Kota Medan.

Konsep yang dibuat ini, terkait dengan kebudayaan dan Kebhinekaan, sehingga Kota Medan yang dikenal sebagai kota multi etnis dapat dirasakan semua masyarakat. Serta menjadi ikon kota yang diberi julukan Medan Rumah Kita ini.

“Dengan adanya Mural ini, nantinya Kota Medan terlihat rapi dan semua lokasi yang ada di wilayahnya terlihat rapi dan bersih. Di mana, ada 21 tiang fly over yang direncanakan akan di mural dengan thema multi etnis,” sambung Alumni STPDN angkatan 17 tersebut.

James juga berharap kedepannya, banyak pengusaha dan donatur yang tidak mengikat yang dapat membantu,sehingga seluruh program yang akan dilaksanakan dapat berjalan lancar.

“Hal ini juga tak lepas dari bantuan dan suport dari Wali Kota Medan bapak Tengku Dzulmi Eldin,” pungkasnya.(nty)