Meski Harga Stabil, Pemerintah Daerah Diimbau Agar Waspada

Tinjau Pasar : Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi bersama Sekretaris Jendral Kementrian Perdagangan Karyanto tinjau langsung Pusat Pasar Medan, Rabu (5/12).

Medan | Jurnal Asia

Sekretaris Jendral Kementrian Perdagangan Karyanto Suprih mengapresiasi ketersediaan stok dan stabilnya harga bahan kebutuhan pokok (bapok) yang ada di pusat pasar tradisional Medan.

Dalam tinjauannya, ia bersama dengan Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi meninjau harga-harga kebutuhan pokok yang dijual pedagang.

“Semua harga kebutuhan pokok stabil. Tentunya, tidak ada alasan bagi pedagang untuk menaikkan harga saat menjelang Natal dan Tahun Baru mendatang,” kata Karyanto Suprih saat meninjau Pusat Pasar Medan, Rabu (5/12).

Meski begitu, sambungnya, hal tersebut harus tetap diwaspadai. Apalagi sebentar lagi akan memasuki Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal 2018 dan tahun baru 2019.

“Jangan sampai momen Natal dan Tahun Baru membuat masyarakat jadi takut karena adanya kenaikan harga,” ujarnya.

Untuk itu Karyanto meminta pemerintah daerah agar terus memantau dan melaporkan perkembangan harga harian di pasar. Hal ini sebagai antisipasi menghadapi potensi kenaikan permintaan. Selain itu pemerintah daerah juga diharapkan dapat melaporkan perkembangan kelancaran distribusi dan jumlah pasokan bahan kebutuhan pokok

“Harus tetap waspada. Kalau perlu akan dilakukan operasi pasar dan beberapa tindakan lainnya guna menstabilkan harga bapok,” pungkasnya. (Tengku Putri/net)