Kuasai Suara di Medan, Sofyan Tan Kembali Duduki DPR-RI

 

Caleg DPR RI dari PDIP dr Sofyan Tan.Ist

Medan | Jurnal Asia
Calon Legislatif (Caleg) DPR RI dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan nomor urut 2, dr Sofyan Tan berhasil menguasai suara di Kota Medan pada Pileg 17 April lalu. Sofyan Tan diprediksi bakal kembali duduki kursi DPR-RI.

Di Medan, Sofyan Tan mampu mengalahkan suara Yasonna Laoly yang merupakan Menteri Hukum dan Ham RI serta Tengku Erry Nuradi, Caleg DPR RI dari Nasdem yang merupakan mantan Gubernur Sumatera Utara.

Demikian diketahui dari hasil rekapitulasi DA1 untuk suara DPR RI di Kota Medan. Secara keseluruhan di Kota Medan, Sofyan Tan berhasil memperoleh 109.374 suara. Caleg yang pernah menjadi seorang guru ini kembali berhasil mempertahankan suara tertinggi di ibukota, Sumatera Utara tersebut.

Sementara untuk pesaingnya yakni Caleg DPR RI dari PKS, Tifatul Sembiring berhasil berada di urutan kedua dengan perolehan 77.404 suara. Selanjutnya Caleg dari Partai Gerinda, Romo Muhammad Syafi’i meraih 77.175 suara di Kota Medan. Kembali lagi disusul Caleg PDIP yakni Yasonna Laoly dengan 75.732 suara dan Caleg lainnya.

Kepada wartawan di sela-sela acara Buka Puasa Bersama yang digelar Sofyan Tan bersama para tim pemenangannya, Jumat (10/5) lalu di Regale Medan mengatakan, dari data yang diterima, untuk di Kota Medan, ia memang berada di urutan paling atas.

“Hingga hari ini dari data yang kita terima di Medan kita memang berada di posisi pertama. Selisihnya itu sekitar 30 ribuan suara. Dan untuk PDIP sendiri yang sudah pasti mendapat kursi di Senayan ada dua kursi. Dan suara kali ini memang meningkat signifikan,” ujar Caleg petahana ini.

Menurutnya, tidak ada strategi khusus untuk mempertahankan suaranya tetap tinggi. Dengan kerendahan hatinya, Sofyan Tan hanya mengaku 109.374 suara yang didapatkannya di Kota Medan karena hasik bekerja secara alami yang dilakukannya.

“Setiap reses saya turun. Kalau ditotal-total kan ada sekitar 100 kali pertemuan dalam setahun yang diwajibkan undang-undang. Dan 100 kali itu saya benar-benar turun, menyapa masyarakat saya,” katanya.

Jika kembali terpilih menjadi Anggota DPR RI periode mendatang, Sofyan Tan mengaku, ia akan tetap melanjutkan menyuarakan program-program yang belum selesai.

“Seperti pendidikan dari SD sampai SMA harus kita dorong menjadi lebih baik. Begitu juga dengan Pariwisata di Sumut. Ada Danau Toba yang cukup indah. Tapi ini kenapa tidak bisa meningkatkan jumlah wisatawan?. Ini yang akan kita dorong ke depannya agar pendidikan dan pariwisata kita ke depan semakin lebih baik,” harapnya.

Sementara itu, tokoh pendidikan Sumatera Utara Reinhard Silalahi mengatakan, kemenangan Sofyan Tan kali kedua pada Pileg tahun ini dengan suara terbanyak menunjukkan masyarakat menaruh kepercayaan yang besar terhadap Sofyan Tan selama 5 tahun pertama.

“Di tengah pertarungan sengit antar calon, bahkan ada yang menghilangkan nama beliau dari daftar yang lolos ke senayan, beliau tetap dengan senang hati mengundang masyarakat untuk merayakan kelancaran Pileg 17 April lalu,” ujar Reinhard Silalahi.

Adapun rincian suara Sofyan Tan di Kota Medan yakni, untuk Kecamatan Medan Kota, 6.976 suara. Medan Sunggal 6.585 suara, Medan Helvetia 5.242 suara, Medan Denai 5.149 suara, Medan Barat, 5.655, Medan Deli 5.866 suara. Di Kecamatan Medan Tuntungan berhasil meraih 7.333 suara, Medan Belawan 2.139 suara, Amplas 2.456, Area 7.712, Medan Johor 9.085 suara, Medan Marelan 3.149 suara.

Selanjutnya Medan Labuhan 3.524 suara, Medan Tembung 5.732 suara, Maimun 2.649, Polonia 3.044, Medan Baru 2.307 suara, Medan Perjuangan 5.502, Medan Petisah 5.967 suara, Medan Timur 8.174 suara dan terakhir Medan Selayang 5.128.

Dari hasil verifikasi tim, dua kecamatan yang mengalami peningkatan suara yang signifikan di Medan yakni Kecamatan Medan Johor dan Medan Deli. Dari 2014 ke 2019, suara di Medan Johor mengalami peningkatan sekitar 5.000 an suara.

“Saya apresiasi untuk di kecamatan ini. Karena mungkin masyarakatnya melihat yang kita aspirasikan dengan nyata dan direalisasikan,” ucapnya.(nty)