Kodam I BB Minta Maaf Atas Insiden Pemukulan Polantas

Medan – Komando Daerah Militer (Kodam) I Bukit Barisan secara resmi menyampaikan permohonan maaf atas tindakan oknum anggota Korem 031/Wirabuana, Serda Wira Sinaga, pelaku pemukulan terhadap anggota Satuan Lalulintas Polres Pekanbaru, Bripda Yoga Vernando, yang videonya menjadi viral.

“Kami dari pihak TNI sangat menyesalkan sekali peristiwa ini. Tindakan Serda Wira tidak terpuji dan patut diproses sesuai dengan ketentuan aturan TNI,” ujar Kepala Penerangan Kodam I Bukit Barisan, Kolonel Inf Edi Hartono di Markas Kodam I Bukit Barisan Jl Gatot Subroto Medan, Jumat (11/8)

Edi mengatakan, Kodam I Bukit Barisan langsung mengambil sikap tegas setelah melihat video yang beredar tersebut. Serda Wira sudah diproses dan langsung ditahan oleh Detasemen Polisi Militer (POM) Pekanbaru.

“Kami menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat dan pihak kepolisian atas tindakan Serda Wira tersebut. Tindakan ini sangat disayangkan dan tidak boleh terulang lagi,” sebutnya.

Sebelumnya, beredar video pemukulan oleh oknum anggota TNI terhadap petugas satuan lalulintas di Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru. Kejadian pemukulan ini diduga karena oknum itu ditegur polisi yang saat kejadian sedang melaksanakan tugas.

Belakangan diketahui, bahwa identitas oknum TNI adalah Serda Wira. Sementara itu, polisi lalulintas yang menjadi korban pemukulan, dan tidak tersulut emosi atas kejadian pemukulan adalah Bripda Yoga. Saat kejadian, Serda Wira mengendarai sepedamotor tanpa mengenakan helm.

(sp)