Kemenhub Tegaskan Taksi Online Harus Patuhi Peraturan No 118

 

Direktur Jendral Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiadi.Netty

Medan | Jurnal Asia
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tegaskan pelaku usaha transportasi online termasuk Grab Indonesia untuk memenuhi semua ketentuan yang diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan No.118 tahun 2018 tentang penyelenggaraan angkutan sewa khusus.

Direktur Jendral Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiadi mengatakan, pemenuhan ketentuan peraturan menteri 118 sebagai bagian dari upaya menyelesaikan permasalahan yang muncul dari keberadaan taksi online. Peraturan tersebut diharapkan dapat menciptakan sinergitas antara Kemenhub dengan perusahaan taksi online.

“Menteri perhubungan sangat respon terhadap perusahaan taksi online. Di peraturan ini sudah diatur standar pelayanan minimal oleh perusahaan, pengemudi atau penumpang,” katanya disela peresmian layanan GrabCar Airport di Bandara Kualanamu, Kamis (11/7).

Salah satu faktor yang paling penting dipenuhi terkait perlindungan keamanan bukan hanya bagi konsumen tetapi juga bagi pengemudi. Dan ini menurutnya sudah terlihat dipenuhi Grab selaku aplikator lewat beberapa fitur.

Budi Setiadi melanjutkan, dalam aturan tersebut juga dibahas mengenai perlindungan keselamatan kepada pengemudi, di dalam regulasi setiap pengemudi taksi online harus di cover dengan asuransi jasa Raharja.

“Kenyamanan juga penting. Jadi pengemudi harus bisa memberi rasa nyaman kepada penumpang baik dari sisi komunikasi ataupun darah pakaiannya. Kita harapkan kerjasama ini dalam menjalankan regulasi ini,” tandasnya.(nty)