Kapolrestabes Berharap Legislatif Lahirkan Perda CCTV di Medan

Kapolrestabes Medan menerima kunjungan anggota Komisi A DPRD Medan.

 

Medan | Jurnal Asia

Pemasangan kamera Circuit Close Television (CCTV) sangat diperlukan untuk mengungkap kasus kejahatan jalanan di Medan.

Oleh karenanya, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto berharap agar legislatif mendorong lahirnya peraturan daerah (perda) soal penggunaan kamera pengintai di Kota Medan.

“Kita berharap ada aturan khusus atau Perda yang secara spesifik mengatur soal penggunaan CCTV. Jadi setiap pelaku usaha yang membangun perkantoran atau perumahan wajib memasang CCTV,” kata Kapolrestabes didampingi Kasat Reskrim, AKBP Putu Yudha Prawira dan Kasat Intel, AKBP Masana Sembiring saat menerima kunjungan Komisi A DPRD Medan, Senin (3/12) di Mapolrestabes Medan.

Menurutnya, meski selama ini masyarakat sudah mulai menyadari pentingnya pemasangan kamera pengintai, namun dirasa masih kurang. Angkanya sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan negara lain.

“Kalau di Kota Medan paling masih ratusan atau ribuan. Sedangkan di kota-kota lain di luar negeri pemasangan CCTV mungkin saja mencapai 100 ribuan titik bahkan lebih,” katanya.

Dalam pertemuan itu, Kapolrestabes juga berharap pada anggota Komisi A adanya  penanganan narkoba secara preemtif. Dengan penataan lingkungan dan peningkatan pendapatan masyarakat melalui penyediaan lapangan pekerjaan.

“Hasil pengamatan saya di beberapa lokasi rawan peredaran narkoba permasalahannya adalah tata kelola lingkungan dan tingkat kehidupan yang masih di bawah standar. Harus ada program berkelanjutan untuk menata lingkungan dan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Dikatakan Kapolrestabes, dalam pertemuan itu, anggota legislatif Kota Medan mengapresiasi kinerja Tim Pegasus yang mampu menekan angka kejahatan di Kota Medan. Pengghargaan (apresiasi) secara lisan ini menjadi motivasi bagi Polrestabes khususnya Tim Pegasus agar selalu berbuat yang terbaik untuk memberikan rasa aman dan nyaman pada masyarakat.

Kondisi Kota Medan aman dan kondusif, tentunya akan berdampak terhadap iklim investasi yang baik pula. Investor juga tidak ragu untuk berinvestasi di Kota Medan.

Komisi A DPRD Medan yang berkunjung ke Polrestabes Medan yakni, H Sabar Syamsurya Sitepu, S.Ikom, Roby Barus, SE, M Nasir, Hery Zulkarnaen, SE, MSi, H Zulkarnaen Yusuf Nasution, Drs Proklamasi Naibaho, Hj Umi Kalsum, SH, Hj Ratna Sitepu, SH dan Hj Hamidah. (Bowo)