Kapolda Buka Pelatihan Pra Operasi “Antik Toba” 2017

Medan – Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapolda Sumut), Irjen Pol Paulus Waterpauw membuka pelatihan Pra Ops “Antik Toba” 2017 didampingi Wakapolda Sumut Brigjen Pol Agus Andrianto SH dan Para Pejabat Utama bertempat di Aula Catur Prasetya lantai IV Mapolda Sumut, Kamis (10/8).

Dalam sambutannya, Irjen Paulus mengatakan, saat ini negara sedang dalam keadaan darurat narkoba, dimana angka pengguna narkoba dari tahun ke tahun trendnya terus meningkat.

“Peredaran narkoba di Indonesia semakin terbukti dengan penangkapan 4 tersangka dengan barangbukti 1 ton sabu oleh jajaran Polda Metro Jaya di Pantai Anyer Banten dan menyusul yang masuk dari Pantai Cermin Sergai pada 15 Juli lalu,” ujar Paulus.

Dikatakan Paulus, saat ini narkoba sudah tidak lagi memandang usia dan status sosial, mulai dari anak anak hingga orang dewasa dan mulai orang biasa hingga pejabat negara.

Paulus menyebutkan, Sumatera Utara termasuk ranking ke-3 nasional, karena dipengaruhi oleh letak geografis Sumut yang strategis bagi para pengedar narkoba karena dapat diakses melalui darat, laut dan udara.

“Walaupun kita sudah me­mak­simalkan semua upaya mulai dari pembersihan internal dengan prinsip “sikat ke dalam hajar keluar” dan menindak tegas hingga beberapa bandar narkoba tewas di tempat, namun peredaran narkoba di Sumut masih cukup tinggi dan masif,” sebutnya.

Jenderal bintang dua tersebut berharap melalui pelatihan Pra Operasi Antik Toba 2017 ini, Polda Sumut beserta jajaran siap melaksanakan tugas dalam rangka penindakan terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba dengan mengedepankan kegiatan penegakan hukum yang didukung oleh fungsi intelijen di wilayah Provinsi Sumatera Utara.

Mengingat waktu pelatihan hanya satu hari, Paulus berharap kepada panitia agar dapat mengatur pelatihan ini dengan sebaik mungkin hingga dapat terlaksana secara efektif dan optimal serta mencapai target yang diharapkan.

“Kepada para peserta agar dapat mengikuti Pra Ops ini dengan semangat dan sungguh-sungguh,” pungkasnya.

Hadir dalam acara tersebut para Kabag Ops, Kasat Intelkam dan Kasat Narkoba Polres/tabes sejajaran Polda Sumut.

(ial/ril)