Kadisporasu: Pemuda Berakhlak Mulia

Medan – Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Utara (Disporasu) menggelar kegiatan bertajuk “Road Show Upaya Pencegahan Penyalahgunan Narkoba Dikalangan Pelajar”.

Kegiatan ini dilaksanakan guna memperbaiki moral pemuda khususnya dikalangan pelajar untuk tidak mengkonsumsi narkoba agar dapat menjadi penerus bangsa yang berakhlak mulia, berprestasi, berdaya saung serta berkarakter tanpa narkoba.

“Pemuda, khususnya pelajar merupakan target para bandar narkoba, untuk itu kita patut merasa khawatir atas peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba yang makin marak sekarang ini. Apalagi dalam peredaran narkoba dikenal dengan istilah “Pahe” alias narkoba dengan paket hemat sehingga dengan mudah mendapatkan barang terlarang tersebut, termasuk menjualnya dengan harga terjangkau,” ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Utara (Kadisporasu) H Baharuddin Siagian saat membuka kegiatan Road Show Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Dikalangan Pelajar angkatan I tahun 2017 di Aula Yayasan Perguruan Panca Budi Medan, kemarin.

Pria yang disapa dengan akrab Bahar ini berharap kepada seluruh peserta setelah mengikuti kegiatan road show ini dapat menjadi pendidik yang mampu menyebarluaskan informasi yang benar tentang bahaya narkoba, HIV/AIDS, dan dampak buruk penggunaan gadget atas dasar rasa peduli atau nasib masa depan teman sebayanya.

“Saya ingatkan kepada peserta untuk menyiapkan kebugaran tubuh tidak dapat dengan meminum suplemen atau obat-obatan tetapi harus dengan beraktivitas gerak (berolahraga) secara teratur, sehingga dapat menjadi kebutuhan hidup. Karena melalui olahraga dapat membentuk karakter yang sportif dengan aktivitas olahraga pada pagi atau sore hari secara otomatis para pelajar dapat terhindar dari perilaku menyimpang terhadap penyalahgunaan narkoba,” terang Bahar.

Bahar menegaskan, mencegah penyalahgunaan peredaran gelap narkoba bukanlah upaya yang mudah. Permasalahannya sangat kompleks dan melibatkan berbagai faktor baik dari pemerintah maupun masyarakat seperti apa yang dilaksanakan hari ini dengan memberikan informasi tentang bahaya pemakaian narkoba terhadap siswa dan pelajar dari berbagai narasumber, agar mereka terhindar dari penggunaan penyalahgunaan narkoba.

Sementara itu, Ketua Panitia Henni Siswati mengatakan, tujuan penyelenggaraan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan generasi muda dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba dan dampak terburuk dari pengaruh narkoba tersebut.

“Selain itu, meningkatkan kepedulian generasi muda terhadap diri sendiri, keluarga dan lingkungan masyarakat. Juga untuk menciptakan pendidik sebaya dikalangan pelajar untuk mengembangkan pengetahuan yang terdapat dari kegiatan Road Show Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Pelajar,” pungkasnya.

(bambang nl)