Japan Day, Peringati Tahun Kedua Gedung Pusat Rehabilitasi Narkoba

Konsul Muda Masamu Yamamori meninjau Gedung Pusat Rehabilitasi Narkoba.Ist

Medan | Jurnal Asia
Yayasan Caritas Pengembangan Sosial  Ekonomi Keuskupan Agung Kota Medan menggelar “Japan  Day” sebagai  peringatan tahun kedua sejak diresmikanya “Pusat Perawatan dan Pemulihan Adiksi Narkoba di Lubuk Pakam pada 2017. Gedung Pusat Rehabilitasi  tersebut dibangun melalui bantuan hibah Grassroots dari pemerintah Jepang senilai Rp 1.041.260.000.

Pemerintah Jepang melalui Konsulat Jenderal Jepang di Medan melaksanakan  proyek bantuan hibah Grassroots di berbagai bidang di dalam wilayah  yuridiksinya diantaranya Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau dan Jambi sejak tahun 2000. Dan proyek yang dikerjakan sekitar 72 proyek.

Selama  ini,  yayasan    penerima  bantuan  hibah  tersebut  melaksanakan acara  kebudayaan  yang  disebut  sebagai “Japan  Day” untuk memperingati hari  diresmikannya proyek. Selain itu untuk mengingatkan kembali akan pentingnya pemeliharaan gedung kepada pihak yayasan terkait.

Pada  awalnya, Yayasan mempunyai  kesulitan dalam menampung pasien rawat  inap di pusat karena terbatasnya fasilitas ruang inap. Setelah menerima bantuan  dari  Pemerintah Jepang, Gedung Pusat  Rehabilitasi mempunyai ruangan lebih  luas hingga dapat menampung kurang  lebih 120 orang pasien dalam waktu satu  tahun.

Gedung  tersebut  dilengkapi  dengan ruang stabilisasi, ruang dokter, ruang  konseling dan ruangan pendukung lainya  untuk memfasilitasi proses penyembuhan  pasien yang sedang diterapi.

Konsul Muda Masamu Yammori dari Konsulat Jenderal Jepang di Medan mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi usaha Yayasan Caritas dalam merawat  para pasien rehabilitasi. Selain itu juga telah memelihara gedung bantuan pemerintah Jepang dengan baik.

Ketua Yayasan Caritas, Todo Agustinus Pasaribu berterimakasih kepada pemerintah Jepang atas bantuan Gedung tersebut. Serta mengajak seluruh anggota keluarga untuk terus mendukung pasien dalam menjalani proses rehabilitasi.(nty)