Ini Prakiraan Cuaca di Sumut Saat Hari Pemungutan Suara, BMKG : Waspadai Hujan Lebat

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Ist

Medan | Jurnal Asia
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis prakiraan cuaca di kota-kota besar di wilayah Sumatera Utara (Sumut) saat hari pemungutan suara Pemilu 2019, Rabu (17/4) besok.

Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan Syahnan menyebutkan untuk kondisi cuaca di Medan diperkirakan pagi hari cerah berawan, siang hujan lokal dengan intensitas ringan hingga sedang, malam hari dan dini hari berawan.

“Di Sibolga, Kisaran, Pematang Raya, dan Tanjung Balai kondisi cuaca diperkirakan terjadi hujan dengan intensitas sedang di siang hari dan pada malam hari hujan lebat dan dinihari berawan,” ujarnya, Selasa (16/4).

Selanjutnya, di Pematang Siantar dan Padang Sidempuan kondisi cuaca pagi hari cerah berawan, siang cerah berawan dan malam hari berpotensi terjadi hujan lebat.

“Sementara di Binjai, Tebing Tinggi, Lubuk Pakam kondisi cuaca cerah berawan pada pagi dan siang hari dan malam hari berawan,” ujarnya.

Kemudian di Balige dan Sidikalang, pagi cerah berawan, siang hujan ringan, malam hujan sedang, dinihari berawan.

Rantau Prapat kondisi cuaca pada pagi cerah berawan, siang hujan sedang, malam berawan, dinihari berawan. Di Kabanjahe, pagi cerah berawan, siang hujan ringan, malam dan dinihari berawan

Stabat pagi cerah berawan, siang hujan lokal, malam hujan sedang, dinihari berawan. Gunung Sitoli pagi hujan ringan, siang hujan ringan, malam hujan sedang, dinihari hujan ringan

“Sipirok pagi cerah berawan, siang cerah berawan, malam hujan sedang dinihari berawan dan Tarutung pagi cerah berawan, siang hujan sedang, malam hujan sedang, dinihari berawan,” ujar Syahnan.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk mewaspadai hujan lebat yang sewaktu-waktu bisa terjadi pada Rabu (17/4) besok. “Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir/kilat di wilayah pegunungan, lereng, pantai dan Kepulauan Nias pada malam hari,” tandasnya.

Diketahui, Rabu 17 April pesta demokrasi digelar. Diperkirakan Pemilu serentak ini akan memakan waktu penghitungan dari siang hingga dinihari sekitar pukul 02.00 WIB.(wo)