Ini Dia Tiga Kunci Kesuksesan Dari dr Sofyan Tan

Silahturahmi : Anggota DPR RI Komisi X, dr Sofyan Tan (kanan) saat silahturahmi bersama petugas kebersihan Kota Medan di kawasan pekuburan Jalan Thamrin, Medan, Sabtu (13/4).Netty

Medan | Jurnal Asia
Anggota DPR RI Komisi X, dr Sofyan Tan menegaskan, ada tiga hal yang membuat seseorangĀ berhasil dan sukses keluar dari kemiskinan. Ketiga hal ini ialah keberanian, ketekukan dan juga keberuntungan.

“Namun yang terakhir hanya akan datang bagi orang yang memang pantas untuk mendapatkannya. Siapakah itu? yaitu kerja cerdas dan kerja keras,” katanya disela makan siang bersama petugas kebersihan Kota Medan di kawasan pekuburan Jalan Thamrin Medan, Sabtu (13/4).

Menurut Caleg DPR RI dari partai PDI Perjuangan ini, orang yang ingin keluar dari “roda kemiskinan” harus bekerja keras tidak hanya dengan otot atau tenaganya namun juga dengan otaknya. Akan tetapi, jika mereka malas menggunakan otot maupun otak maka mereka akan berkutat di “roda kemiskinan”.

Ia mencontohkan, anak didiknya bernama Lisnawati anak seorang petani miskin yang kini menjadi staf ahli adalah bentuk bagaimana seseorang yang keluar dari lingkar kemiskinan.

“Dia anak seorang petani yang hidupnya pas-pasan namun ketika itu dia mengirim surat kepada saya dengan nada marah-marah bahwa seolah-olah Tuhan tidak adil,” ujarnya.

Maka ia menemuinya dan kemudian mengangkat menjadi anak didik dan disekolahkan. Ternyata dia berhasil meraih angka yang memuaskan di Universitas Sumatera Utara (USU) kemudian kembali disekolahkan ke S-2 dan mendapatkan nilai yang memuaskan.

“Artinya bukan karena kecerdasan melainkan kemauannya untuk memanfaatkan tenaga dan otaknya sehingga mendapatkan nilai yang baik. Dan sampai hari ini, ia menjadi staf ahli,” lanjut Sofyan Tan.

Ia menambahkan, semangat seperti itulah yang ingin ditularkan kepada semua masyarakat. Jangan malas menggunakan tenaga dan otak biar sama-sama menjadi orang sukses.

Dia juga mengatakan, jangan menyalahkan bahwa terlahir dari keluarga miskin dan salahkan kita kalau kita menjadi miskin karena tidak memanfaatkan tenaga dan otak kita.

Untuk itu, katanya, bawa anak-anaknya dan didiklah dengan baik. Jika nantinya dirinya tetap menjadi Anggota DPR RI dirinya siap membantu anak-anak yang kurang mampu baik dari SD, SMP, SMA hingga S-1.

Karena itu dia menekankan, agar warga tidak lupa menggunakan hak suara di Pemilu 2019 pada tanggal 17 April mendatang. “Jangan golput karena memilih itu merupakan hak warga,” tandasnya.(nty)