Ini Dia 4 Manfaat Donor Darah

Donor Darah. Ist

Medan | Jurnal Asia
Banyak manfaat yang diperoleh apabila kita melakukan donor darah. Selain manfaat sosial, juga manfaat individu yang diperoleh oleh orang yang melakukan Donor darah tersebut.

Menurut pengamat kesehatan Sumut dr. Delyuzar, M.Ked (PA), Sp.PA (K), manfaat sosial dari donor darah adalah kita bisa menyelamatkan hidup orang lain.

“Salah satu hal yang paling penting diketahui bahwa tidak ada produsen yang memproduksi darah. Jadi apabila ada orang yang membutuhkan darah, maka yang dibutuhkan adalah orang yang bersedia mendonorkan darahnya. Artinya kita dapat menyelamatkan hidup orang lain,” ucapnya, Senin (14/1).

Disamping itu hal positif yang dapat di dapatkan dengan melakukan donor darah adalah dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga tubuh fit dan sehat karena produksi darah diperbaharui kembali dengan darah baru dan segar. Sedangkan untuk waktu rutin donor darah adalah dilakukan minimal sekali tiga bulan.

Adapun manfaat dari donor darah apabila dilakukan dengan rutin adalah diantaranya:

  1. Meningkatkan metabolisme tubuh serta meningkatkan daya tahan tubuh
  2. Menurunkan resiko terkena penyakit
  3. Meningkatkan produksi sel darah baru yang lebih segar
  4. Hidup menjadi sehat

Namun, katanya, tidak semua orang dapat melakukan donor darah. Orang yang melakukan donor darah harus orang yang sehat dan tidak terpapar oleh penyakit.

“Jadi sang pendonor darah memang harus benar-benar sehat. Hal tersebut dapat diketahui melalui pemeriksaan kesehatan sebelum dilakukan donor darah, apakah memang sehat dan dapat melakukan donor darah atau tidak,” terangnya.

Ia menyarankan, masyarakat harus menjaga pola hidup sehat supaya kesehatan kita terjaga dan tidak gampang terserang penyakit. Kemudian lakukan donor darah secara rutin.

“Disamping untuk membuat tubuh sehat juga untuk menyelamatkan hidup orang lain,” tandasnya. (vii/net)