Gagal Panen, Cabai Merah Masih Mahal

Medan – Belakangan terakhir, harga cabai merah di pasar tradisional Kota Medan berfluktuasi bahkan tembus di angka Rp50 ribu per kilogram. Ini dikarenakan banyak tanaman cabai gagal panen akibat diserang hama.

Seorang petani cabai di Batu Bara, Suherman mengatakan, saat ini harga cabai merah ditingkat petani Rp35 ribu per kg. Harga tersebut sudah terbilang menguntungkan bagi petani, namun karena gagal panen maka banyak petani yang merugi.

“Kalau harga segitu, itu sudah terbilang lumayan dan petani sudah untung. Yang menjadi masalah, stok cabai merah menipis atau bahkan kosong di petani karena banyak buah yang busuk,” katanya, Senin (23/11).

Diakuinya, kondisi buah busuk sebelum panen sudah terjadi setahun belakangan dan buahnya tidak dapat diselamatkan. Padahal, petani sudah mencoba segala obat atau racun hama tetapi semua itu tidak mempan.

“Petani bingung, tanaman tidak bisa pulih meski berbagai cara dilakukan. Akibat ini banyak petani yang merugi puluhan juta,” tandasnya.

Pengamat ekonomi Sumut, Gunawan Benjamin mengungkapkan, harga cabai sudah sedikit mengalami penurunan dibanding beberapa waktu lalu yang mencapai Rp50 ribu lebih. Sekarang sudah dikisaran Rp36-40 ribu per kg.

“Mahalnya harga cabai merah dikarenakan kondisi cuaca. Untuk harga cabai memang sulit dikendalikan karena tergantung pasokan,” tandasnya. (netty)