E-Katalog LKPP Kurangi Tingkat Korupsi Pengadaan Barang

Medan – PT Airmas Group Sosialisasi E-katalog Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang atau Jasa Pemerintah (LKPP) Ayokkk.com di Medan, Selasa (10/10). Sosialisasi ini akan dilakukan di 32 provinsi dan 20 kabupaten kota di seluruh di Indonesia.

Kasubdit Pengelolaan Katalog LKPP, Dwi Satrianto mengatakan, pengadaan barang dan jasa pemerintah semakin efisien di mana pada awal tahun 2008 pengadaan barang dan jasa pemerintah dilakukan melalui tender manual. Serta memakan waktu kurang lebih 2 hingga 3 bulan, saat ini cukup satu bulan barang sudah terkirim dan tertagih.

“Dalam pengadaan barang dan jasa melalui e katalog, diharapkan dapat menekan kemungkinan korupsi atau mark-up. Potensi masalah akan lebih besar jika dilakukan secara langsung. Maka itu, melalui e-katalog, belanja pemerintah dilakukan dengan mudah dengan mengabaikan lelang,” katanya didampingi Direktur Airmas Logikreasi Sinergi, Alfin Medan, kemarin.

Sementara, CEO Airmas Group Basuki Surodjo mengatakan, tujuan sosialisasi ini selain memperkenalkan ayooklik kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) juga memperkenalkan produk-produk terbaru yang dimiliki oleh principle.

Sehingga semakin memberikan pengetahuan yang luas kepada pengguna anggaran pemerintah untuk memilih produk yang bagus dan berkualitas serta berteknologi up to date.

Ia menerangkan, Airmas Group sebagai partner sudah menyiapkan sarana pendukung untuk mempermudah SKPD dalam melakukan tracking dan service.

“Tahun ini juga akan dilaunching Ayootrack.com dan Ayooservice.com yang merupakan pendukung dalam memberikan pelayanan yang terbaik untuk pemerintah dalam pengadaan barang dan jasa,” katanya.

(netty)