BNNP Sumut Gagalkan Penyelundupan Narkotika di Selat Malaka, 2 WN Malaysia Ditangkap

Kepala BNNP Sumut Brigjen Pol Atrial menggelar konferensi pers. Aribowo

Medan | Jurnal Asia
Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Utara menggagalkan penyelundupan narkoba jenis sabu-sabu di Selat Malaka Laut Utara Gosong Siguna-guna, Kabupaten Serdang Bedagai.

Dalam penangkapan yang berlangsung pada Minggu (1/7/2019) kemarin, petugas mengamankan dua orang warga negara (WN) Malaysia yakni berinisial YBL (55) dan OCP (56) dengan barang bukti 6 kg sabu.

“6 kg sabu itu hendak dipindahkan dari kapal ke kapal, disitu kita lakukan penangkapan. Ini pertama kali kita lakukan penangkapan di tengah laut,” kata Kepala BNNP Sumut Brigjen Pol Atrial, Selasa (9/7/2019).

Selain 6 kg sabu, dikatakannya, pihaknya juga mengamankan 1 unit speed boat, satu lembaran identity card Malaysia atas nama Yeap Bee Lun. Satu lembar driving license Malaysia atasnama Yeap Bee Lun. ATM RHB Bank, satu kartu kredit RHB Primier, dua unit HP merk Nokia.

Penangkapan terhadap kedua WN Malaysia ini, lanjut dikatakan Atrial, membuka jalan terhadap tersangka pengedar lainnya.

“Dari pemeriksaan narkoba ini akan dikirim ke Medan,” jelasnya.

Selanjutnya, petugas BNNP lakukan pengembangan dengan melakukan penggeledahan di penginapan Jangga House Jl Sei Tuan Medan, dan mengamankan dua tersangka yang pasangan suami istri (pasutri) AV (32) dan RS (30) di Jalan TB Simatupang, pada Jumat (5/7/2019).

“Kedua tersangka merupakan orang yang disuruh mengambil sabu 6 Kg,” katanya.

Petugas anti narkotika lalu melakukan pengembangan lebih lanjut dan membekuk pria yang menyuruh mengambil narkoba yakni SR (29) di lobi Hotel Danau Toba Medan Jl Imam Bonjol, Sabtu (6/7/2019).

“Terhadap ketiga tersangka dijerat dengan Pasal 114 ayat 2, pasal 112 ayat 2, pasal 132 UU No 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman mati,” tandasnya.(wo)