Rupiah Menguat Pasca Ketegangan AS dan Iran Mereda

Rupiah ditutup menguat.

Jakarta | Jurnal Asia
Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada penutupan perdagangan di pasar spot Selasa (7/1/2020) kembali mengalami penguatan signifikan.

Mengutip data Bloomberg via Kompas, rupiah ditutup Rp 13.878 per dollar AS, menguat signifikan 66 poin atau 0,47 persen dibanding penutupan pada Senin (6/1/2020) yakni Rp 13.944 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, saat ini ketegangan AS dan Iran sudah mereda dan fokus pasar lebih kepada kesepakatan dagang antar AS dan Tiongkok yang akan ditandatangani pertengahan bulan ini.

“Perhatian pasar kembali positif kepada kesepakatan dagang AS dan Tiongkok. Tiongkok mengabarkan akan mengirimkan delegasi untuk penandatangan kesepakatan fase 1 tanggal 15 Januari mendatang, ini akan membantu penguatan rupiah,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Ariston menyebut ketegangan antara AS dan Iran mereda manakala Iran sejauh ini tak menunjukkan rencana membalas serangan AS.

“Meredanya ketegangan di Timur Tengah karena belum terlihat adanya serangan balasan dari Iran mendorong pasar kembali masuk ke aset berisiko termasuk rupiah,” jelas Ariston.(nty)