Lebih dari 63.000 Terinfeksi, 1.523 Meninggal Akibat Virus Corona

 

Lebih dari 63.000 orang di China telah terinfeksi virus corona.Reuters

Beijing | Jurnal Asia
Beijing telah memerintahkan setiap orang yang kembali ke kota untuk dikarantina selama 14 hari. Ini dalam menghadapi risiko hukuman dalam upaya terbaru untuk menahan virus corona baru yang mematikan, lapor media pemerintah.

Penduduk disuruh “karantina sendiri atau pergi ke tempat yang ditunjuk untuk karantina” setelah kembali ke ibukota Cina dari hari libur. Tindakan itu dilakukan ketika Mesir mengkonfirmasi kasus coronavirus pertama di Afrika.

Dilansir dari BBC.com, lebih dari 1.500 orang telah meninggal karena virus, yang berasal dari kota Wuhan. Pemberitahuan pada hari Jumat dari kelompok kerja pencegahan virus Beijing dikeluarkan ketika penduduk kembali dari menghabiskan Tahun Baru Imlek di bagian lain China.

Komisi kesehatan nasional China pada Sabtu (15/2/2020) melaporkan 143 kematian baru, sehingga jumlah korban menjadi 1.523. Semua kecuali empat korban terbaru berada di provinsi Hubei yang terpukul keras.

Selanjutnya 2.641 orang baru dikonfirmasi terinfeksi, sehingga total nasional menjadi 66.492.

Di luar China daratan, ada lebih dari 500 kasus di 24 negara, dan tiga kematian: masing-masing di Hong Kong, Filipina dan Jepang.

Misi yang dipimpin Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) ke China akan memulai pekerjaan investigasi wabah akhir pekan ini, dengan fokus pada bagaimana virus secara resmi bernama Covid-19 menyebar dan tingkat keparahannya, kata direktur Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Misi tersebut, termasuk para ahli internasional, juga akan melihat bagaimana dan kapan lebih dari 1.700 petugas kesehatan tertular virus tersebut.

Tim ini terdiri dari 12 anggota internasional dan 12 rekan mereka dari Tiongkok.

“Perhatian khusus akan diberikan untuk memahami penularan virus, tingkat keparahan penyakit dan dampak dari tindakan tanggapan yang sedang berlangsung,” kata Dr Mike Ryan, direktur eksekutif program kedaruratan kesehatan WHO.

Pejabat Cina mengatakan enam petugas kesehatan telah meninggal.

Zeng Yixin, Wakil Menteri Komisi Kesehatan Nasional China, mengatakan 1.102 pekerja medis telah terinfeksi di Wuhan dan 400 lainnya di bagian lain dari provinsi Hubei.

“Tugas petugas medis di depan memang sangat berat; pekerjaan mereka dan keadaan istirahat terbatas, tekanan psikologis sangat besar, dan risiko infeksi tinggi,” kata Zeng, seperti dikutip oleh kantor berita Reuters.(nty)