21 Orang di Kapal Pesiar California Dinyatakan Positif Terkena Virus Corona

Ilustrasi kapal pesiar Princess Cruise.Int

 

Amerika Serikat | Jurnal Asia
Sebanyak 21 orang dari 46 orang penumpang kapal pesiar Princess Cruise yang sedang berada di perairan California dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

Dilansir dari The Washington Post, Wakil Presiden Amerika Serikat, Mike Pence mengatakan, hampir setengah dari orang-orang yang awalnya diuji di atas kapal pesiar yang ditahan di perairan San Francisco telah terinfeksi virus corona.

Hasil untuk 21 dari 46 orang yang diujicobakan Kamis (5/3/2020) kembali positif, menimbulkan kekhawatiran bahwa virus itu dapat menyebar luas di antara lebih dari 3.500 orang di atas Grand Princess. Pence mengatakan mereka yang terinfeksi termasuk 19 anggota awak dan dua penumpang.

“Pihak berwenang berencana untuk membawa kapal pesiar ke “pelabuhan non-komersial” selama akhir pekan. Di mana semua penumpang dan awak akan diuji untuk penyakit dan dikarantina sesuai kebutuhan,” katanya, Jumat (6/3/2020).

Pence mengatakan sekitar 3.533 penumpang dan kru akhir pekan ini akan melalui tahap tes kesehatan saat merapat di dermaga non-komersial.

Krisis kesehatan masyarakat di kapal itu menggemakan hal serupa dari bulan lalu. Ketika 700 orang di atas kapal Princess Cruises lainnya, sang Puteri Berlian, terinfeksi virus corona sementara kapal itu dikarantina selama berminggu-minggu di lepas pantai pelabuhan Yokohama di Jepang.

Hingga Sabtu (7/3) Amerika Serikat mencatat lebih dari 300 orang di 29 negara bagian telah terinfeksi corona. Sekitar 17 orang diketahui meninggal akibat Covid-19.

Secara global, kasus coronavirus kini telah melampaui 100.000, dengan tren menunjukkan beberapa tanda perlambatan. Shalat Jumat terganggu di Timur Tengah, karena ribuan masjid ditutup.(nty)