UMA akan Berikan SKPI Pendamping Ijazah

Wisuda akan Dihadiri Gubsu

Medan | Jurnal Asia

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi akan menghadiri wisuda sarjana dan pascasarjana Universitas Medan Area (UMA) untuk tahun akademik 2018, pada Sabtu (24/11) mendatang.

“Kita harapkan Gubsu akan hadir sekaligus memberikan motivasi kepada 524 calon sarjana yang akan dilantik tersebut,” kata Prof Dr Dadan Ramdan MEng MSc didampingi Wakil Rektor III, Muazzul SH MHum, Ketua panitia wisuda Sri Irawati SSos MAP dan Kabag Humas, Ir Asmah Indrawaty MP di ruang kerja rektor UMA Jalan Kolam Medan estate, Jumat (16/11)

Disebutkan Prof Dadan, pada wisuda kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Para lulusan selain akan menerima ijazah juga dilampiri Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) yang ditandatangi masing-masing dekan.

Pemberian SKPI tersebut sesuai amanat Permendikbud No 81 Tahun 2014 yang merupakan dokumen memuat informasi tentang pencapaian akademik atau kualifikasi dari lulusan pendidikan tinggi bergelar.

“SKPI ini juga dapat dikatakan sebagai ‘rekam jejak’ mahasiswa dalam perkuliahan yang menggambarkan pada apa saja yang dicapai selama perkuliahannya dan kompetensinya itu berbeda setiap mahasiswa,” ungkap Dadan.

Dengan adanya kebijakan pemerintah bagi perguruan tinggi harus melampirkan SKPI kepada para lulusan merupakan terobosan penting sebagai upaya mendorong terwujudnya sarjana berkualitas dan berintegritas yang punya soft skill dan hard skill, sehingga membantu untuk melamar pekerjaan.

“Jadi pemenuhan peraturan yang ditetapkan peerintahitu kita taati sebagai bentuk menjaga dan meningkatkan akreditasi,” ungkap Dadan seraya menyebutkan dari 524 lulusan yang akan diwisuda itu meliputi sarjana strata satu (S1) sebanyak 420 orang dan magister (S2) 104 orang.

Melalui wisuda periode ke 2 tahun 2018 dengan thema era digital ini, rektor mengharapkan para lulusan memiliki kompetitif yang tinggi dan bisa diserap dunia kerja serta bisa bersaing dengan lulusan lain dengan kemampuan informatika dan teknolginya (IT).

Sementara itu Ketua panitia wisuda Sri Irawati SSos MAP menyebutkan, wisuda sarjana dan pascasarjana UMA tersebut akan dirangkai dengan pameran dan bazar yang diisi mashasiswa dari masing-masing fakultas yang tergabung dalam unit Usaha Mikro Kecil (UMK).

“Dalam rangkaian wisuda nantinya juga akan diisi menampilkan lulusan terbaik dan mahasiswa berprestasi yang terdiri 5 tim dan 6 prestasi individu,” kata Sri.
(swisma)