Tingkatkan SDM Bidang Pendidikan, Ratusan Guru Madrasah Swasta Mendapat Pelatihan

Ratusan guru madrasah di Medan mengikuti pelatihan program PINTAR.Ist

Medan | Jurnal Asia
Peduli dengan peningkatan mutu madrasah swasta, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) menggandeng Tanoto Foundation melatih guru madrasah selama tiga hari, (14-17). Pelatihan menggunakan modul pelatihan praktik baik dalam pembelajaran, manajemen sekolah, dan budaya baca Program PINTAR (Pengembangan Inovasi untuk Kualitas Pembelajaran).

Sedikitnya, 104 orang guru dan 18 Kepala MI mengikuti pelatihan yang diinisiasi secara mandiri oleh gugus kelompok kerja Kepala Madrasah wilayah Sunggal di Madrasah Miftahul Falah Diski Jalan Paya Bakung No 24 Desa Sumber Melati Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang.

Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UINSU, Dr. H. Amiruddin Siahaan, M.Pd menegaskan, pelatihan ini sebagai wujud tanggungjawab peningkatan mutu sumber daya manusia tenaga kependidikan.

“Peningkatan kualitas pendidikan madrasah tidak akan bisa meningkat dengan sendirinya tanpa ada peran serta dari berbagi pihak. Salah satunya adalah peningkatan sumberdaya manusia tenaga kependidikan dalam hal ini peran guru dan kepala sekolah yang sangat menentukan kualitas lulusan,” katanya, Jumat (14/6).

Ia melanjutkan, pihaknya dari UINSU yang telah bekerja sama dengan Tanoto Foundation selama satu tahun ini merasa perlu mengembangkan praktik baik pendidikan ini kepada sekolah dan madrasah di Sumatera Utara. Pihaknya menerjunkan para Fasilitator Dosen terbaik untuk mendampingi guru dan kepala sekolah agar dapat terjadinya perubahan yang lebih baik di ruang kelas.

Pelatihan ini sendiri dibagi menjadi dua kelompok yang berjalan secara paralel. Para guru didampingi oleh 10 Fasilitator Dosen UINSU dengan materi pelatihan Pembelajaran Aktif, Mengembangkan Pertanyaan dan Lembar Kerja, Pengelolaan Lingkungan Belajar, Mengembangkan Budaya Baca, Praktik Mengajar dan Menyusun Rencana Tindak Lanjut Pelatihan.

Sedangkan Peserta Pelatihan dari Kepala Sekolah didampingi oleh 2 Fasilitator Dosen dengan materi pelatihan Pembelajaran Aktif, Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), Budaya Baca, Pemantauan Sekolah, Meningkatkan Peran Serta Masyarakat, dan Menyusun Rencana Tindak Lanjut Pelatihan.

Koordinator Tanoto Foundation Sumut, Yusri Nasution mengungkapkan apreseasinya terhadap inisiatif penyebarluasan Praktik Baik Pendidikan di lingkungan sekolah Madrasah mitra UINSU.

“Kami sangat mengapreseasi guru dan Kepala Sekolah madrasah mitra LPTK UINSU yang secara swadaya berinisiatif untuk meningkatkan kemampuan diri dengan meluangkan waktu dan materi baik secara pribadi maupun institusi dengan mengikuti Diseminasi Mandiri Program PINTAR,” ujarnya.

Menurutnya, modul pelatihan yang disiapkan telah mampu menjawab kebutuhan sekolah dan madrasah. Caranya, dengan penerapan pembelajaran berpikir ringkat tinggi yang bertujuan memfasilitasi siswa dapat berpikir kreatif, percaya diri, berkolaborasi dan memiliki ketrampilan berkomunikasi dengan baik.

Ditempat terpisah, Armianto, selaku Ketua Panitia Penyelenggara mengungkapkan tingginya minat guru dan kepala sekolah dalam mengikuti Pelatihan Program PINTAR ini. Ia optimis implementasi Program PINTAR bermanfaat bagi guru dan kepala sekolah madrasah.

“Ratusan guru mendaftarkan diri untuk menjadi peserta pelatihan dengan biaya sendiri. Ini di luar perkiraan hingga kami harus membuka 6 Kelas ruang pelatihan untuk memenuhi kebutuhan acara. Ke depan kami berharap semua guru dalam gugus wilayah mendapatkan pelatihan yang sama dan dilanjutkan dengan modul berikutnya,” tutupnya.(nty)