Tim Andaliman FT Unimed Berlaga di KMHE 2018

Medan | Jurnal Asia

Tim Andaliman Universitas Negeri Medan (Unimed) siap mengikuti Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2018 tingkat nasional yang diselenggarakan Dikti.

Event yang digelar setiap tahunnya ini memperlombakan mobil kreasi mahasiswa dari berbagai lembaga pendidikan tinggi di KMHE 2018 yang diadakan di Universitas Negeri Padang pada 27 Nopember sampai 1 Desember 2018.

Mobil hemat energi Universitas Negeri Medan Andaliman buatan mahasiswa teknik mesin FT pada tahun ini kembali mengikuti ajang bergengsi ini.

Mahasiswa teknik mesin FT yang terkumpul dalam Tim Andaliman akan menampilkan 2 mobil buatan mereka dalam acara KMHE 2018.

Mobil pertama adalah Andaliman yang pada KMHE 2017 berhasil memperoleh penghargaan Best Video dan mobil kedua merupakan mobil baru buatan mereka yang dinamakan BORAS PATI.

Pelepasan Tim Andaliman untuk mengikuti KMHE 2018 dilaksanakan saat Expo FT berlangsung. Pelepasan tersebut langsung dilepas oleh Rektor unimed Prof. Dr. Syawal Gultom MPd, kemarin di kampus tersebut Jalan Wilem Iskandar Medan

Rektor Unimed mengucapkan selamat kepada tim Andaliman dan juga kepada jurusan, dosen dan mahasiswa yang telah berusaha membuat mobil ini .

“Jangan lupa untuk sampaikan kepada seluruh civitas untuk mendoakan tim andaliman agar mereka sampai dengan selamat di padang dan sukses disana,” ujar Prof. Syawal saat acara pelepasan Tim Andaliman.

KMHE berorientasi pada efisiensi energi dari mobil rancangan mahasiswa hasil pengaplikasian ilmu yang diterima selama kuliah. Perlombaan dibagi menjadi dua kategori berdasarkan kategori kendaraan, yaitu Urban dan Prototype.

Mobil dalam KMHE dibagi menjadi 4 kelas berdasarkan motor penggerakyang digunakan, diantaranya Motor Pembakaran Dalam (MPD) Gasoline, MPD Etanol, MPD Diesel dan Motor Listrik. (swisma)