Sertifikat Polmed Berstandar Internasional

Medan – Politeknik Negeri Medan (Pol­med) menyatakan berupaya semaksimal mungkin menghasilkan lulusan yang berkualitas, memiliki kompetensi ilmu sesuai dengan program studinya. Bahkan, sudah memiliki Lembaga Sertifikat Profesi (LSP) yang telah mendapat lisensi dari BNSP.

“Ini artinya, sertifikat kompetensi yang dikeluarkan Polmed berstandar nasional maupun internasional,” kata Direktur Polmed M Syahruddin ST MT pada wisuda 1.976 lulusan Polmed, Rabu (11/10).

Wisuda berlangsung selama dua hari, Rabu dan Kamis (11-12/10), digelar di Auditorium Kampus Universitas Sumatera Utara (USU).

Syahruddin mengungkapkan, Kemenristekdikti pada 17 Agustus 2017 yang lalu mengumumkan klasterisasi/pengelompokan per­­guruan tinggi se-Indonesia. Klas­terisasi tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan mutu perguruan tinggi secara berkelanjutan guna melaksanakan tridarma.

“Klasterisasi perguruan tinggi ini digolongkan dalam 2 kelompok, yaitu politeknik dan non-politeknik. Jadi, dari total 262 perguruan tinggi politeknik negeri dan swasta di Indonesia, Polmed masuk dalam Klaster 1 yang menduduki urutan ke-9 dari 10,” ungkap Syahruddin.

Diutarakannya, Polmed juga memperoleh peringkat ke-7 dari 10 peringkat teratas perguruan tinggi berdasarkan aspek penelitian. Dan, peringkat ke-8 dari 10 peringkat teratas perguruan tinggi berdasarkan aspek sumber daya manusia.

Syahruddin mengingatkan para alumni yang baru diwisuda jangan terlalu lama larut dalam momen kebahagian ini. Sebab, tantangan sekaligus peluang sudah menanti di era globalisasi, digitalisasi dan perdagangan bebas.

“Disebut tantangan, karena kondisi yang demikian menuntut kita menyiapkan aspek akademik sebaik mungkin. Sedangkan disebut peluang, lantaran kesiapan Polmed dalam mendorong perluasan peran kampus ini melalui para alumni yang berkiprah di berbagai bidang keilmuan, keahlian dan keterampilan,” tuturnya.

Dia juga memotivasi wisudawan agar percaya diri menunjukkan kepada dunia bahwa alumni Polmed siap berkompetisi. Selain itu, juga memiliki budi pekerti yang berkualitas baik seperti jujur, bertanggung jawab, adil, peduli, disiplin, visioner serta senang bekerja sama.

Ketua Panitia Wisuda, Ir Indra Yadi menyebutkan, wisuda kali ini merupakan angkatan ke-32. Jumlah sebanyak 1.976 lulusan terdiri dari 125 orang program Sarjana Terapan, 1.755 orang program D-III dan 228 orang Program Pendidikan Satu Tahun.

Dengan demikian, sambungnya, jumlah lulusan atau alumni Polmed dari tahun 1985 sampai saat ini sebanyak 30.457 orang dari berbagai program studi.

Indra menyebutkan, diantara wisudawan yang diwisuda pada periode ini, sebanyak 228 orang merupakan wisudawan terbaik dengan predikat cumlaude. Dari wisudawan terbaik itu, terdapat satu orang dengan nilai IPK tertinggi 3,96 yaitu Aswin Hidayat T prodi Perbankan dan Keuangan Kelas Khusus.

Ribuan mahasiswa yang diwisuda itu merupakan Program Sarjana Terapan, Diploma Tiga (D-III) dan Program Pendidikan Satu Tahun. Pada wisuda tersebut, dihadiri seluruh sivitas akademika Polmed dan keluarga wisudawan.

(swisma)