Polmed Terima Mahasiswa Darmasiswa RI

2.276 Lulusan Diwisuda

Medan | Jurnal Asia

Politeknik Negeri Medan (Polmed) tahun ini menerima mahasiswa program Darmasiswa Republik Indonesia bagi Warga Negara Asing dari berbagai negara untuk belajar Bahasa Indonesia dan Kebudayaan selama satu tahun.

“Ini merupakan suatu keberhasilan bagi Polmed untuk memperoleh program Darmasiswa RI,” kata Direktur Polmed M Syahruddin ST MT di hadapan 2.276 lulusan sarjana terapan, ahli madya dan ahli muda 2018 di gedung auditorium Universitas Sumatera Utara (USU), Rabu (10/10).

Para mahasiswa darmasiswa tersebut yakni Ms Jessye Henriette Rasoanirina dari Madagascar, Ms Amani Abdulrahman Jambi dari Saudi Arabia, dan Mr Amadou Ka dari Senegal.

Menurut Syahruddin, seluruh prodi saat ini sudah mendapat peringkat A dan B, dan secara Institusi Polmed terakreditasi pada peringkat B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Dikatakan, Polmed juga saat ini menyelenggarakan Prodi yang bekerjasama dengan institusi dan instansi lain, yaitu, Diploma III Teknik Elektro, kelas kerjasama dengan PT PLN Persero (setelah tamat akan diangkat menjadi karyawan PT. PLN Persero),

Diploma III AMTO (Aircraft Maintenance Training Organization), kelas kerjasama dengan Garuda Maintenance Facilities Aeroasia (setelah tamat akan diangkat menjadi karyawan GMF Aeroasia.

Sarjana Terapan Prodi Teknik Perencanaan Jalan dan Jembatan dan Prodi Akuntansi, kelas kerjasama dengan Kabupaten Nias Barat (setelah tamat akan diangkat menjadi pegawai di lingkungan Kabupaten Nias Barat).

Selain itu Diploma III Manajemen Kebencanaan, kelas kerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Propinsi Sumut serta didukung oleh BNPB dan Basarnas (setelah tamat akan diangkat menjadi pegawai di BPBD), Kelas kerjasama ini seluruh biaya pendidikannya di tanggung oleh Pemprovsu.

“Diploma II Akademi Komunitas, atau disebut Prodi Diluar Domisili kerjasama dengan Kabupaten Batubara.

Dari 2.276 lulusan tersebut terdiri dari 343 lulusan Sarjana Terapan, 1.814 lulusan Ahli Madya, dan 119 lulusan Ahli Muda. Dengan demikian jumlah lulusan atau alumni Politeknik Negeri Medan dari tahun 1985 sampai dengan saat ini sebanyak 32.733 orang dari berbagai program studi

Disebutkan Syahruddin, diantara wisudawan yang diwisuda pada periode ini, sebanyak 337 lulusan yang mempunyai prestasi terbaik dengan predikat dengan pujian cum laude.

Secara pribadi dan atas nama Politeknik Negeri Medan, Syahruddin mengucapkan selamat kepada para wisudawan atas keberhasilannya menyelesaikan studi di Polmed.
(swisma)