Menteri Muhadjir: Kompetensi Guru Perlu Dibenahi

Jakarta| Jurnal Asia
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, ma­salah regenerasi dan peningkatan sumber daya manusia (SDM) menjadi hal yang perlu diperhatikan.
Lantaran, melalui dua hal tersebut, akses pemerataan kualitas pendidikan dan relevansinya dengan dunia kerja bisa di­wu­judkan. ”Terutama masalah tenaga pe­ngajar,” ucap Muhadjir.
Dia mengatakan, sumber daya manusia (SDM) saat ini belum bisa merata dan kompetensinya masih perlu dibenahi. Dalam hal kompetensi, seorang guru harus memiliki standar sendiri sesuai dengan perkembangan siswa.
Selain itu, pemerataan kualitas guru juga masih jadi masalah. ”Kita kekurangan guru di wilayah 3T (terdepan, terluar, tertinggal). Itu menjadi masalah,” ujarnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Malang Dra Zubaidah MM menyampaikan masalah di dunia pen­didikan masih sangat banyak. Apalagi, saat ini memasuki era revolusi 4.0 yang menge­depan­kan tekonologi informasi.
”Kami menggandeng Asosiasi Pe­nye­lenggara Jaringan Telekomunikasi (Apjatel) untuk meningkatkan mutu guru dan siswa dalam hal teknologi informasi,” kata Zubaidah.
Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Drs Burhanuddin MPd pun berpendapat senada. Peningkatan kualitas guru bisa digenjot melalui pelatihan-pelatihan. Menurut Burhan, ada beberapa guru yang terkadang kesulitan menerima materi.
Selama ini, menurutnya, sudah banyak peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan yang diadakan sekolah dan disdik. Misalnya, peningkatan kompetensi dalam pembelajaran media dan kompetensi pembuatan media.
”Balik lagi ke gurunya, bisa tidak menerima dan menyerap isi kompetensinya,” ujar Bur­han. (jpnn|swm)