Mahasiswa Harus Memiliki Jiwa Kewirausahaan

 

Workshop “Build Your Dream Start Up”.Ist

Medan | Jurnal Asia
Bisnis start up menjadi sangat trending di Indonesia pada saat ini terutama di kalangan para anak muda. Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Medan menyadari hal ini sangat penting menjadi bekal mahasiswa mengingat kewirausahaan telah menjadi bagian dalam kurikulum pendidikan di kampus.

Direktur Poltekpar Medan, Anwari Masatip mengatakan, mahasiswa harus memiliki jiwa kewirausahaan yang merupakan salah satu tantangan yang harus dijawab. Tidak hanya menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) siap pakai, tapi Poltekpar Medan juga harus menyiapkan SDM yang bisa menciptakan lapangan kerja bagi orang lain.

“Bisnis start up saat ini adalah salah satu bisnis yang baru berkembang. Bisnis startup ini lebih identik bisnis yang berbau teknologi, web, internet dan yang berhubungan dengan ranah tersebut. Sangat cocok untuk kaum milenial saat ini,” katanya disela workshop bertema “Build Your Dream Start Up”, kemarin.

Workshop yang digelar Unit Inkubator Bisnis dan Bursa Kerja, Poltekpar Medan menghadirkan enterpreneur Ikhsan Jauhari
sebagai narasumber dan diikuti 70 mahasiswa Prodi Manajemen Usaha Perjalanan. Workshop tersebut akan dilakukan secara rutin.

Menurut Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata, ndustridan Kelembagaan, Dra Ni Wayan Giri Adnyani, di Indonesia perkembangan bisnis start up cukup bagus dan mengembirakan. Setiap tahun banyak founder-founder (pemilik) Start up baru bermunculan di indonesia.

“Potensi pengguna internet Indonesia yang semakin naik dari tahun ke tahun tentunya merupakan suatu lahan basah untuk mendirikan sebuah start up. Mahasiswa harus mengetahui dan memperoleh pengetahuan terkait bisnis start up, selain menjadi SDM yang siap pakai mereka nantinya dapat menjadi penyedia lapangan pekerjaan,” tegasnya.

Sementara, Menteri Pariwisata Indonesia, Arief Yahya mengungkapkan, keberhasilan harus direncanakan dan harus tahu langkah-langkah apa yang harus dilakukan. Menurutnya, Poltekpar Medan telah melakukan langkah yang tepat untuk menciptakan mahasiswa yang memiliki kemampuan wirausaha.

“Selain kurikulum, mahasiswa juga dibekali dengan kegiatan-kegiatan untuk menambah pengetahuan wirausaha. Kedepannya diharapkan mereka mampu untuk membuka usaha khususnya untuk mendukung Pariwisata Danau Toba. Mengingat mereka sangat dekat denganĀ  Kawasan Super Prioritas Danau Toba,” tandasnya.(nty)