Hormat Ginting, Tentara yang Berperan Tingkatkan Mutu Sekolah di Karo

Pelatihan : Serda Hormat Ginting saat memberikan pelatihan yang diikuti 97 peserta terdiri guru, Kepala Sekolah dan Komite Sekolah dari Kabanjahe, Berastagi dan Tigapanah.Ist

Medan | Jurnal Asia
Bintara Pembina Desa (Babinsa) sebagai aparat teritorial berada di ujung terdepan  perperan memajukan desa demi kesejahteraan dan stabilitas keamanan di wilayah binaannya. Dalam menjalankan peran komunikasi sosial kepada masyarakat dibutuhkan ketekunan dan keteladanan agar dapat diterima semua kalangan.

Seperti halnya yang ditunjukkan Serda Hormat Ginting. Dirinya dipercaya menjadi Babinsa di Desa Ujung Teran dan Desa Deram Kecamatan Merdeka Kabupaten Karo oleh Koramil 04/SE Kodim 0205/TK.

Ia bertugas menjadi komite tahun 2005, dalam peran sertanya di dalam dunia pendidikan dipercaya menjadi Komite Sekolah Dasar Negeri 040451 Kabanjahe Kabupaten Karo. Sejak saat itu, ia selalu aktif diberbagai program kegiatan pendidikan.

Baru-baru ini, sekolah yang dibina olehnya berhasil mendapatkan Penghargaan Adiwiyata tingkat provinsi Sumatera Utara yang langsung diserahkan oleh Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi. Hal ini tidak terlepas dari perannya selaku komite sekolah mengajak seluruh orang tua siswa untuk berpartisipasi dalam menciptakan lingkungan Asri di sekolah.

Selain itu, juga dengan kegiatan pembelajaran lainnya seperti menanamkan rasa cinta tanah air kepada siswa-siswa melalui kegiatan pembelajaran kedisiplinan, baris-berbaris serta memupuk nilai nilai pancasila melalui upacara bendera yang sering dilakukannya di sekolah.

“Dalam memajukan kualitas pendidikan di Karo, itu semua tidak terlepas dari tugas saya selaku Tentara. Sebagai Babinsa, saya sering berkomunikasi dengan guru dan kepala sekolah,” katanya di acara pelatihan peran serta masyarakat di dalam peningkatan kualitas pendidikan yang dihelat Tanoto Foundation dengan Pemerintah Daerah dan Kemenag kabupaten Karo, kemarin.

Dengan begitu, katanya, ia mengetahui apa yang harus dilakukan untuk memajukan kegiatan belajar mengajar. Misalnya, menggerakkan orang tua siswa secara bersama-sama berbuat aksi nyata dengan menciptakan lingkungan sekolah yang asri, menambah buku-buku perpustakaan yang dapat dimanfaatkan oleh murid-murid.

“Atasan saya bapak Kapten Kav J Surbakti Komandan Koramil 04 Simpang Empat bersama Komandan Kodim 0205/ Tanah Karo Letnan Kolonel Ins Taufik Rizal, SE selalu berpesan bahwa kami selaku Babinsa dalam rangka meningkatkan hubungan komunikasi sosial dengan seluruh komponen masyarakat,” tegasnya.

Itu semua, tambahnya, sebagai bentuk kepedulian TNI dalam turut serta memajukan dunia pendidikan. Di mana wajib berperan aktif memberikan sumbangsih nyata melalui kegiatan-kegiatan di sekolah.

Kepala Sekolah Dasar Negeri 040451, Rosmiati Br Tarigan mengaku sangat terbantu dengan kepedulian yang selalu dihadirkan oleh komite sekolah. Menurutnya, keberhasilan sekolah tidak akan dapat diraih tampa peran serta Serda Hormat Ginting.

“Saya merasa sangat terbantu dalam menjalankan tugas di sekolah, apalagi komite sekolah telah banyak memberikan sumbangsih. Melalui pelatihan ini, kami berharap sinergitas antara sekolah dan masyarakat jauh lebih bermanfaat sehingga dapat menghasilkan kemajuan pendidikan di sekolah,” pungkasnya.(nty)