Dinas Pendidikan Pematangsiantar akan Diseminasi Program Pintar

 

Kepala SD Negeri 122375 Pematangsiantar, Murniati Nasution.

Medan | Jurnal Asia
Dinas Pendidikan Kota Pematangsiantar
akan melakukan diseminasi program PINTAR dari Tanoto Foundation di 90 Sekolah Dasar (SD) di daerah itu. Upaya tersebut untuk memperbaiki kualitas pendidikan.

Sekretaris Dinas Pendidikan Pematangsiantar, Rosmayana mengatakan, dinas pendidikan Pematangsiantar mendukung penuh program tersebut. Caranya dengan diseminasi atau pendampingan kepada sekolah-sekolah mitra maupun non mitra Tanoto Foundation.

Pihaknya juga mengarahkan Kepala Sekolah untuk melakukan praktik-praktik baik yang berkenaan dengan manajemen berbasis sekolah (MBS), pembelajaran Metode MIKIR dan budaya baca sukses diterapkan di beberapa sekolah mitra Tanoto Foundation.

“Dalam waktu dekat ini, kami akan melakukan diseminasi sekolah yang belum menjadi mitra sebanyak 90 sekolah. Harapan kita, kualitas pendidikan di Pematangsiantar bisa lebih baik lagi,” katanya disela kunjungan di SD Negeri 122375 Kecamatan Siantar Utara, Selasa (25/2/2020).

Koordinator Provinsi Tanoto Foundation Sumut, Yusri Nasution mengatakan, pihaknya mulai menjalankan Program Pintar di Sumut sejak 2018 .

Hingga saat ini, Tanoto sudah mendampingi 114 sekolah Madrasah Ibtidaiyah MI dan SD di lima kabupaten dan kota di Sumut yakni Medan, Pematangsiantar, Karo, Batubara dan Asahan. Untuk di Pematangsiantar ada pendampingan untuk 24 sekolah SD, MI, SMP dan MTs.

“Tanoto berkomitmen penuh membantu pengembangan proses belajar mengajar, mengelola perpustakaan dan manajemen sekolah untuk ikut berperan memajukan sumber daya manusia di Indonesia,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SD Negeri 122375 Pematangsiantar, Murniati Nasution bangga dengan perkembangan sekolahnya pasca pendampingan Tanoto. Bukan hanya dari jumlah siswa, proses belajar mengajar berjalan dengan baik.

“Sekolah kami selalu menjadi percontohan.
Banyak juga kepala sekolah yang meminta saya untuk mengajari mereka tentang modul 1 program Pintar. Kerja keras itu tidak mengkhianati hasil,” pungkasnya.(nty)